You are here
Home > Uncategorized > Roll-out Tejas Versi Angkatan Laut

Roll-out Tejas Versi Angkatan Laut

Pesawat tempur ringan LCA Tejas versi Angkatan Laut dipertunjukkan untuk pertama kalinya tanggal 6 Juni lalu. “Tejas-Navy” ditarik keluar dari hangar ARDC (Aircraft Research and Development Centre) milik HAL yang disambut tepuk tangan meriah tamu undangan yang hadir.

Prototipe NP1 dengan tempat duduk tandem ini dikembangkan oleh HAL (Hindustan Aeronautics Limited) yang bermitra dengan ADA (Aeronautical Development Agency). Tejas NP1 akan segera melakukan uji coba pengintegrasian berbagai sistem, uji darat berupa ground run dan taxi trial serta tes terbang.

Pengembangan Tejas-Navy dimulai sejak tahun 2003 untuk menggantikan Sea Harrier AL India yang mulai uzur. Pesawat ini dirancang khusus untuk dapat lepas landas dan mendarat dari kapal induk dengan beban tinggi dengan kata lain versi angkatan laut lebih tangguh dibandingkan milik angkatan udara. Sebagai dapur pacu Tejas-Navy ditenagai mesin jet tunggal F-404-GE-IN20, sedang persaenjataan yang  bisa dibawa berupa misil udara ke udara, rudal anti kapal, berbagai bom konvensional dan sepucuk senjata (meriam) pertahanan udara sebagai pelengkap. [EG-07-2010]

Tinggalkan Balasan

Top