You are here
Home > Uncategorized > Hy-DRA, ATV Buatan Raytheon Untuk Pasukan Khusus

Hy-DRA, ATV Buatan Raytheon Untuk Pasukan Khusus

Raytheon, salah satu kontraktor pertahanan besar di AS, mulai memasuki pasar otomotif dengan menawarkan kendaraan inovatif baru jenis All Terrain Vehicle (ATV) yang ditujukan untuk pasar pasukan khusus. Kendaraan mungil yang diberi nama Hybrid-Defense Reconnaissance Assault (Hy-DRA) ini secara resmi diluncurkan pada pameran pertahanan SOFEX yang diselenggarakan di Amman, Yordania pada Mei 2010 lalu. 

Yang membedakan Hy-DRA dengan kendaraan lain sejenis adalah penerapan sistem canggih berupa hybrid-electric drive system (HED) dimana sistem ini memungkinkan kendaraan untuk tampil dengan kemampuan siluman yang unik . Bila dalam mode Hybrid kecepatan maksimum yang dicapai adalah 96 km/jam dengan jangkauan 563 km, sedang bila dioperasikan dengan senyap atau dalam ‘stealth mode’ dengan digerakkan dengan tenaga baterai maka kecepatan maksimumnya hanya 80 km/jam dan daya tempuh cuma 29 km  saja.

Hydra dapat membawa muatan seberat 453 kg dan dapat juga menarik gandengan kecil hingga 1,4 ton. Jumlah awak 3 orang, dengan pengemudi berada di bagian tengah dan dua anggota tim di sisi kiri-kanan agak kebelakang. Kendaraan ini dapat digunakan sebagai platform angkut senjata, mengantarkan pasokan logistic dan keperluan evakuasi tempur. Bobot kendaraan mencapai 1,1 ton dan dirancang untuk bisa dimuat dalam kabin pesawat tilt rotor Bell-Boeing V-22 Osprey, sementara helikopter CH-47 Chinook dapat membawa beberapa Hy-DRA sekaligus, baik dalam kabin maupun digantung, sedang helikopter UH-60 Black Hawk hanya bisa mengusung Hy-DRA sebuah saja. [EG-02-2010]

Tinggalkan Balasan

Top