You are here
Home > Uncategorized > Airbus membangun lini perakitan di Amerika Serikat

Airbus membangun lini perakitan di Amerika Serikat

Melalui pengumuman yang strategis, Airbus menyatakan bahwa mereka akan mendirikan fasilitas lini perakitan di Amerika Serikat sebagai tempat perakitan dan pengiriman armada pesawat A320. Bertempat di Brookley Aeroplex di Mobile, Alabama, lini perakitan ini akan menjadi fasilitas produksi Airbus pertama yang berbasis di Amerika Serikat. Airbus kembali menekankan bahwa lini perakitan yang didirikan guna menciptakan lapangan kerja dan memperkuat industri penerbangan ini, merupakan bagian dari strategi Airbus dalam meningkatkan daya saing mereka secara global. Hal ini dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan para konsumen Airbus yang terus berkembang di Amerika Serikat dan di berbagai daerah lain.

Fasilitas produksi di Alabama ini akan merakit pesawat A319, A320, dan A321 yang merupakan industri terkemuka dalam armadanya. Perusahaan menegaskan bahwa pembangunan lini perakitan ini akan dimulai pada musim panas tahun 2013. Perakitan pesawat rencananya akan dimulai pada tahun 2015, dengan pengiriman pertama dari fasilitas produksi di Mobile pada awal tahun 2016. Airbus mengantisipasi sekitar 40 sampai 50 pesawat yang akan diproduksi oleh fasilitas tersebut pertahun-nya sampai tahun 2018.

“Saat ini adalah waktu yang tepat untuk Airbus berkembang di Amerika Serikat,” kata President & CEO Airbus, Fabrice Brégier pada pengumuman di Mobile hari ini. Amerika Serikat merupakan pasar pesawat lorong tunggal terbesar di dunia – dengan kebutuhan pesawat yang diproyeksikan mencapai 4.600 unit dalam 20 tahun ke depan – sehingga keberadaan lini perakitan ini telah membawa kami lebih dekat dengan para pelanggan kami. Kini, Mobile merupakan bagian dari jaringan produksi global Airbus, bersama dengan lini perakitan lainnya di Hamburg, Toulouse, dan Tianjin, yang telah sukses dan berkembang terlebih dahulu.

“Ketika pesawat Airbus lepas landas menuju langit, kebanggaan dan keahlian kami dalam pembuatan pesawat tersebut akan turut melambung bersama mereka,” kata Gubernur Alabama, Robert Bentley. “Kami berterima kasih kepada begitu banyak orang yang telah membantu menyukseskan upaya ini. Proyek ini akan menciptakan 1.000 lapangan pekerjaan yang stabil dan baik yang memang dibutuhkan dan layak bagi masyarakat sekitar. Alabama memiliki tenaga kerja terbaik yang akan anda temukan di Amerika Serikat. Airbus telah menyadari bahwa negara bagian Alabama dapat menawarkan perluasan industri, dan Airbus sendiri juga menanamkan investasi baru yang signifikan di Alabama. Airbus bersama dengan induk perusahaannya yakni EADS, telah menjadi warga Alabama yang baik selama bertahun-tahun, dan kami senang dapat membangun hubungan yang baik ini.”

Airbus telah memiliki sosok kehadiran yang kuat dan terus berkembang di Alabama dan di seluruh penjuru Amerika Serikat. Di Alabama, perusahaan Airbus mengoperasikan pusat teknisi di Mobile – yang juga bertempat di Brookley Aeroplex dan mempekerjakan lebih dari 200 insinyur dan staf pendukung. Airbus juga mengoperasikan pusat pelayanan pelanggan Airbus Military sebagai pendukung pesawat pengawas pantai di Amerika Serikat. Selain itu, Airbus juga mengoperasikan pusat teknisi di Wichita, Kansas; pusat suku cadang pesawat di Ashburn, Virginia; pusat pelatihan di Miami, Florida; kantor pengaturan dan perhubungan pemerintahan di Washington, D.C.; serta anak perusahaan yakni Metron Aviasion, suatu penyedia produk dan pelayanan Air Traffic Management (ATM) terkemuka yang berbasis di Dulles, Virginia. Kantor pusat Airbus untuk Amerika Serikat sendiri berlokasi di Herndon, Virginia. Gabungan antara seluruh fasilitas Airbus di Amerika Serikat kini telah memperkerjakan lebih dari 1.000 orang.

Perusahaan telah menyatakan bahwa lini perakitan terbarunya di Mobile, bersama dengan fasilitas terkait lainnya, akan menciptakan sebanyak 1.000 pekerjaan baru yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.

Lini perakitan Airbus di Mobile juga akan menambah kemampuan produksi perusahaan yang kini tengah dioperasikan oleh perusahaan EADS lainnya di Amerika Serikat. Sebagai contoh, American Eurocopter memproduksi helikopter di suatu fasilitas produksi di Columbus, Mississippi dan Grand Prairie, Texas, sedangkan Cassidian Communications memiliki pabrik perakitan di Temecula, California.

Airbus adalah pelanggan ekspor terbesar dalam industri penerbangan di Amerika Serikat. Sejak tahun 1990, Airbus telah menghabiskan 127 milyar dolar AS untuk pemasok dari Amerika Serikat – dengan 12 milyar dolar AS dihabiskan hanya pada tahun lalu.

Airbus bermitra dengan ratusan pemasok asal Amerika Serikat di lebih dari 40 negara bagian. Pengeluaran Airbus di Amerika Serikat juga mendukung lebih dari 210.000 pekerjaan di Amerika.

Airbus adalah produsen pesawat terkemuka dengan armada penerbangan yang paling modern dan menyeluruh di pasaran, mulai dari pesawat yang berkapasitas 100 kursi, sampai dengan yang lebih dari 500 kursi. Lebih dari 11.500 pesawat Airbus telah dijual kepada lebih dari 470 pelanggan dan operator di seluruh dunia, dan lebih dari 7.200 dari jumlah tersebut telah diserahkan sejak pertama kali perusahaan ini memasuki pasar di awal tahun 70an. Airbus merupakan perusahaan EADS.
* * *

 

Tinggalkan Balasan

Top