You are here
Home > Uncategorized > BASARNAS Cari Helikopter Baru

BASARNAS Cari Helikopter Baru

Badan SAR Nasional (Basarnas) rupanya tengah mengembangkan kekuatan sayap mereka. Setelah lama bertumpu dengan helikopter BO-105, Basarnas kini tampaknya tengah melirik helikopter lain. Ini terbukti dalam publikasi pengadaan 2 buah helikopter baru yang dirilis Basarnas.


Dalam rilis tersebut, disebutkan Basarnas menyediakan anggaran hampir Rp 270 miliar untuk pengadaan helikopter. Namun, belum jelas spesifikasi helikopter yang diperlukan. Akan tetapi, diduga kuat helikopter yang dibutuhkan adalah sekelas medium helikopter. Gosip yang beredar, helikopter Mi-17 lah yang diincar Basarnas, namun tentunya dengan spesifikasi SAR. Antara lain, helikopter itu harus memiliki Hoist yang bisa digunakan untuk mengangkat korban.

Helikopter Mi-17 sendiri dikenal sebagai heli tangguh di segala medan. Heli produksi Kazan itu juga mampu beroperasi di lingkungan ekstrim serta minim dukungan. Di Indonesia, Mi-17 juga digunakan oleh TNI AD. Dalam bencana Gempa Padang beberapa tahun lalu, TNI AD menerjunkan Mi-17  untuk menyalurkan bantuan serta mengangkut korban.

Tinggalkan Balasan

Top
%d blogger menyukai ini: