You are here
Home > Uncategorized > The Truth About Viet Cong ( Bagian 2)

The Truth About Viet Cong ( Bagian 2)

PASUKAN RAKYAT UNTUK KEMERDEKAAN

Untuk membedah siapa itu gerilyawan Viet Cong, tidak ada salahnya sedikit membahas organisasi induk mereka yaitu PLA (People’s Liberation Army) yang cukup kompleks. Penulis mengamati beberapa literatur atau buku-buku dari luar cukup kesulitan dalam memahami PLA terutama dari sistem organisasinya. Walau tidak terlalu ekstrim, tapi banyak yang berbeda dalam istilah penulisan dan cukup membuat pusing karena harus mencocokkan ulang antara terbitan satu dengan lainnya.  Kendala utama jelas dari terjemahan bahasa dan penggunaan arti yang berbeda dari mereka sendiri (ARVN, NVA, dan PLA).


Prajurit Vietnam Selatan saat mendapatkan pendidikan dari personil penasehat militer AS. Banyak dari prajurit Vietnam Selatan adalah gerilyawan Viet Cong juga yang menyamar untuk mencuri ilmu dan senjata.


 

Kata doan berarti “grup” dan don berarti “unit”, tapi keduanya bisa saja berarti banyak unit dengan ukuran yang berbeda bila ditambahkan prefix. Parahnya lagi, baik ARVN, NVA, dan PLA terkadang memberikan arti yang berbeda untuk kata organisasi yang berbeda. Apa yang disebut “satu seksi” bisa berarti “satu resimen” oleh yang lain. Bahkan dibanyak tempat berbeda mereka menggunakan banyak variasi kata. Hal ini terbukti membingungkan musuh dari dulu hingga jauh setelah era perang Vietnam selesai. Apa yang dikenal pihak ARVN berbeda dengan pihak AS. Bila ARVN menggunakan lima kategori unit (resimen para kader, batalion, pasukan mobile, pasukan lokal, dan pleton lokal), maka pihak AS menggolongkan mereka hanya empat (resimen, batalion, pasukan lokal, dan pleton lokal). Untuk penyederhaan kadang hanya disebut dua saja, Pasukan Lokal dan Pasukan Utama. Anda bingung? Jangan, dinikmatin aja bacanya ^_^

Pasukan PLA dikendalikan oleh eselon berbeda dari NLF (National Liberation Front). Komite sentral NLF, dengan komando atas PLA mengendalikan kekuatan resimen pasukan utama dan batalion dibawahnya. Pasukan utama (Bo Doi Chu Luc) atau biasa dijuluki “para topi keras” adalah prajurit-prajurit profesional dalam satu battalion (tieu doan), resimen (trung doan), dan terakhir divisi (su doan) yang dibentuk sejak 1965. Pihak AS dan dunia sering menyebut mereka dengan divisi Viet Cong. Punya seragam sederhana dan sering juga mengenakan topi rimba. Jadi, Viet Cong tidak selalu berpakaian hitam.
Mereka adalah prajurit terlatih dan memiliki struktur komando konvensional. Umumnya berpendidikan, sukarela, berfisik prima, dan memiliki doktrin yang kuat karena ditempa politikus handal. Meskipun begitu, dengan cepat mereka diperkuat pasukan reguler Utara (NVA) dan berada dibawah NVA. Pasukan utama ini dikategorikan sebagai pasukan yang tidak mempunyai ikatan (thoat ly), berdiri sendiri, dan sangat mobile. Kekuatan eselon dibawahnya dan para gerilyawan sangat menghormati serta mendukung penuh mereka. Motto mereka adalah “Tu luc canh sinh” atau kurang lebih “Kami mendukung diri sendiri”.


Prajurit pasukan utama ketika serangan tahun baru Tet 1968.


Selain itu, terdapat juga pasukan yang lain dan berada dibawah perintah komite pusat propinsi. Mereka adalah pasukan region atau Regional Forces (Bo Doi Dia Phuong), lebih sering disebut pasukan teritorial atau pasukan mobile. Bedanya dengan pasukan utama adalah mereka tidak sepenuhnya berdiri sendiri (tieu doan co dong). Ada kalanya mereka harus bisa dikonsentrasikan ke satu wilayah komando untuk beberapa operasi militer (tieu doan tap trung).
Ketika intensitas pertempuran mulai memanas di tahun 1965, operasi batalion dan resimen pasukan ini mulai meningkat. Satu batalion biasanya berisi 250 hingga 500 orang. Idealnya satu resimen terdiri atas 2000 orang, satu batalion berjumlah 600 orang. Selain itu ada juga yang dinamakan pasukan regional independen (dai doi doc lap) dibawah kendali distrik dan berjumlah sangat sedikit. Pasukan independen ini sering menyelenggarakan pertemuan untuk melakukan propaganda rakyat Selatan di wilayah yang tidak dikontrol NLF.

Kekuatan Divisi PLA :
–    Satu Divisi pada 10 Desember 1965.
–    Dua Divisi pada 20 Oktober 1965.
–    Tiga Divisi pada 2 September 1965.
–    Lima Divisi pada 23 Oktober 1965.
–    Tujuh Divisi pada 13 Juni 1966.
–    Sembilan Divisi pada 2 September 1966.
–    Sepuluh Divisi pada 20 September 1972.

PASUKAN AKAR RUMPUT

Pada level distrik, kita mulai membicarakan Guerrilla Popular Army (Dan Quan du Kich) units, atau pasukan lokal. Dan Quan berarti “pasukan sipil”, serta du Kich berarti “serang dan lari”. Bisa juga di artikan gerilyawan. Mereka adalah para milisi, pasukan pertahanan desa (Luc Luong Nhan Dan tu ve). Merupakan pasukan akar rumput Viet Cong. Menjadi petani di siang hari, gerilyawan dimalam hari. Warga desa lebih menganggap mereka sebagai penduduk lokal daripada pasukan luar daerah. Walaupun bukan bagian dari PLA, mereka bisa beroperasi dibawah komando pasukan utama bila diperlukan. Mereka inilah yang sering disebut sebagai Viet Cong oleh orang awam, pasukan utama jarang mendapat sebutan serupa.


Prajurit AS saat mencari informasi keberadaan VC. Warga lokal termasuk orang yang sudah tua biasanya seorang VC juga. Mereka sering memberikan informasi yang salah atau bisa meragukan prajurit AS.

Penggunaan istilah :
ARVN         : Army of the Republic of Vietnam.
CIDG         : Civilian Irregular Defence Force.
DRV         : Democratic Republic of Vietnam (Vietnam Utara).
GPA         : Guerilla Popular Army.
NLF         : National Liberation Force.
NVA         : North Vietnamese Army (angkatan bersenjata Vietnam Utara).
PAVN         : People’s Army of Vietnam (angkatan bersenjata NLF – Viet Cong).
PF         : Popular Force.
PLA         : People’s Liberation Army (Viet Cong).
PRG         : Provisional Revolutionary Government.
PRP         : People’s Revolutionary Party.
RDC         : Rural Development Cadre.
RF         : Regional Force.
RVN         : Republic of Vietnam (Vietnam Selatan).
VCI         : Viet Cong Infrastructure

Bersambung.

Tinggalkan Balasan

Top