You are here
Home > Berita > Menjajal Simulator, Menjual Viper

Menjajal Simulator, Menjual Viper

Bagi pencinta dunia kedirgataraan, F-16 bukan lagi pesawat asing. Meski diproduksi sejak pertengahan 1970-an, hingga kini evolusi F-16 belum menunjukan tanda-tanda akan berhenti. Bahkan, kini Lockheed Martin kembali menawarkan F-16 versi terbaru alias F-16 Viper kepada pemerintah Indonesia. Salah satu wujudnya adalah dengan mendatangkan simulator pesawat canggih tersebut.

 

ARCinc sendiri berkesempatan menjajal simulator F-16 Viper yang didatangkan di Jakarta tersebut. Misi yang dijalankan oleh ARCinc adalah misi pertempuran udara dan serangan bom laser. Pada misi pertama, ternyata cukup mudah dilakukan. Pilot hanya tinggal mengikuti instruksi dari Komandan misi, mengunci sasaran, dan FOX-2..!! Rudal sidewinder melesat menuju sasaran, meski pesawat musuh tak berada tepat didepan.

Lalu pada misi pemboman juga dilakukan cukup mudah. Pilot hanya perlu mengarahkan pesawat, lalu komputer misi akan menghitung jarak. Ketika sudah cukup dekat, komputer memberitahu kapan harus melepas senjata. pilot tinggal menekan tombol dan bombs away..!!

F-16 viper sendiri merupakan versi paling canggih dari F-16 yang ada. Jet ini sudah dilengkapi dengan radar AESA APG-83 SABR. Radar ini mampu mendeteksi dan menjejak 20 sasaran udara sekaligus. Selain itu, sesuai standar pesawat generasi 4++, Viper juga dilengkapi avionik canggih dan modular, serta dilengkapi dengan data link, Helm pintar dan lain sebagainya. Kelebihan lainnya, Viper juga dilengkapi automatic ground collision avoidance system. Ini adalah sistem pencegah benturan dengan permukaan, seandainya karena satu dan lain hal pilot mengalami disorientasi atau kehilangan sasaran. Sehingga pesawat bisa secara otomatis menanjak dan menghindari benturan. Selain itu, Viper juga mengklaim lebih hemat biaya operasional dibandingkan jet setara. 

Namun demikian, keunggulan Viper dibanding kompetitor lainnya adalah pesawat ini sudah familiar di lingkungan TNI-AU. Sehingga bisa saja dengan alasan sentimentil, Viper terpilih sebagai salah satu penjaga langit nusantara. Namun apakah memang demikian nasib Viper di Tanah Air nantinya? kita tunggu saatnya nanti.

Tinggalkan Balasan

Top