You are here
Home > Uncategorized > KRI Cakalang Resmi Berdinas

KRI Cakalang Resmi Berdinas

Bertempat di pelabuhan Marina Sunda Kelapa, Jakarta, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksmana TNI Ade Supandi meresmikan KRI Cakalang untuk bergabung di jajaran kapal perang TNI AL. KRI Cakalang merupakan perang kelas PC-43 atau Patrol Craft 43 meter ini, merupakan produksi dalam negeri, yang dibuat di galangan PT. Caputra Mitra Sejati.

 

Menurut KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, pembelian kapal ini hanya memakan biaya Rp 74,5 Miliar, tanpa senjata dan sensor. Harga ini dinilai cukup murah dibanding jika melakukan pembelian dari luar negeri. “Kalau beli di luar negeri mahal, Labour Costnya kan tinggi”, Ungkap Ade Supandi. 

Sebagai kapal patroli, kapal ini memiliki kecepatan maksimum 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot serta mampu melaut hingga sejauh lebih dari 3000 kilometer. Saat ini KRI Cakalang hanya terlihat dipersenjatai 2 buah senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter. Namun nantinya kapal ini rencananya akan dipersenjatai meriam oto melara kaliber 30 milimeter sebagai senjata utama.

KRI Cakalang sebelumnya diluncurkan pada maret lalu di perairan Banten. Setelah diresmikan, KRI Cakalang akan berada dibawah Satuan Kapal Patroli Armada Barat TNI AL yang berhome base di Belawan Sumatera Utara. Bagi pembaca ARCinc yang ingin mengetahui detail KRI Cakalang, silahkan simak galeri dibawah ini.

 

{gallery}CAKALANG{/gallery}

Tinggalkan Balasan

Top