You are here
Home > Uncategorized > KRI Tarakan 905 Diresmikan (Lagi…)

KRI Tarakan 905 Diresmikan (Lagi…)

Peristiwa ini lumayan unik dalam lingkungan militer tanah air. Yaitu, sebuah kapal perang mengalami 2 kali peresmian. Namun inilah yang terjadi dengan KRI Tarakan 905. Setelah pernah diresmikan pada 2014 lalu, hari ini (08/08) KRI Tarakan kembali diresmikan oleh Kepala Staf TNI-AL Laksamana TNI Ade Supandi.

Rupanya pada tahun 2014 lalu belum semua peralatan dipasang pada kapal ini. “Jadi waktu dipacu buat HUT TNI, meski beberapa peralatan belum siap. Termasuk alat RAS”, Jelas Laksamana TNI Ade Supandi. Meski demikian, pengadaan kapal ini memang sudah jauh dari jadwal. Karenanya TNI-AL sendiri sudah membicarakan mengenai keterlambatan dan dendanya. Meski demikian, KSAL tidak merinci berapa banyak denda yang dimaksud. 

KRI Tarakan 905 memiliki bobot 2400 ton dan mampu dipacu hingga 16 knot. Dengan panjang 122 meter, Kapal ini mampu didarati helikopter sekelas Nbell-412, meski tanpa hangar. Sebagai kapal suplai,KRI tarakan mampu memuat 5500 meter kubik bahan bakar. Ia juga mampu melakukan bekal ulang dilautan yang dikenal dengan metode RAS atau Replenishment At Sea. KRI Tarakan rencananya bergabung di Satuan Bantuan Komando Armada Timur TNI-AL. KRI Tarakan merupakan jenis kapal Bantu Cair Minyak (BCM) yang pertama dibuat di dalam negeri. Kapal kedua rencananya akan selesai pada pertengahan atau akhir tahun 2017.

Tinggalkan Balasan

Top