You are here
Home > Berita > Sang Atlas Tiba: Airbus A400M di Lanud Halim

Sang Atlas Tiba: Airbus A400M di Lanud Halim

Lanud Halim Perdanakusuma menjadi tuan rumah tamu istimewa pada hari Rabu, 6 Maret 2017. Sebuah pesawat Airbus A400M milik RAF (Royal Air Force, AU Kerajaan Inggris) tiba untuk mengadakan tour dan press briefing, guna mempromosikan kemampuan pesawat angkut ini.

Pesawat A400M adalah pesawat angkut militer produksi perusahaan Airbus. Selain kunjungan A400M milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), A400M pernah menyambangi Indonesia beberapa kali: A400M versi pesawat uji Airbus pernah berkunjung ke Lanud Halim Perdanakusuma pada tahun 2012, dan A400M milik ArmÈe de l’air (AU Prancis) bertandang ke tempat yang sama tahun 2015 sebagai pesawat logistik pendukung kunjungan pesawat tempur Dassault Rafale, yang kala itu baru pulang dari sesi aerobatik di acara Langkawi International Maritime and Aerospace Expo (LIMA) 2015.

Dalam rilis pers, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengklaim bahwa “A400M menawarkan efektivitas biaya yang tak tertandingi.” Sementara itu Airbus Asia Pacific Head, Pierre Jaffre, menyatakan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk “memberikan Indonesia kesempatan untuk mendapatkan pemahaman langsung mengenai operasional pesawat A400M yang bertugas dengan RAF.” Lebih jauh, Jaffre menyatakan bahwa A400M “sempurna untuk kebutuhan di kawasan ini” dan “adalah pilihan yang tepat untuk angkatan udara modern”, seraya menyampaikan harapan bahwa “A400M bisa terbang dengan warna Indonesia di masa mendatang.”

Dalam sesi tanya jawab, pihak Airbus enggan mengomentari *berita dari IHS Jane’s Defence Weekly* bahwa Indonesia telah menyetujui pembelian lima unit A400M senilai 2 milyar dolar.

Terkait pertanyaan seputar Transfer of Technology (ToT) A400M kepada PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) apabila dilakukan pembelian pesawat tersebut, pihak Airbus belum bisa melakukan penjelasan mendetail.

Simak galeri kedatangan Sang Atlas, Airbus A400M, hanya di ARCinc!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Top
%d blogger menyukai ini: