You are here
Home > Berita > Nahas, KC-130 Korp Marinir AS Jatuh dan Terbakar

Nahas, KC-130 Korp Marinir AS Jatuh dan Terbakar

Kabar duka datang dari Amerika. Pesawat tanker KC-130 milik Korp Marinir AS mengalami masalah saat menjalani penerbangan kontinental, lalu jatuh dan terbakar di sebuah ladang tanaman kedelai di Leflore County, Missisipi. Pecahan-pecahan dan puing pesawat sendiri tersebar sejauh radius lima mil.

Kejadian yang terjadi pada 10 Juli 2017 sekitar pukul 4 sore waktu setempat tersebut membuat Kepolisian Lokal dan pemadam kebakaran segera meluncur ke lokasi, tetapi tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali menyiramkan air ke puing-puing pesawat yang terbakar hebat.

Panas yang dihasilkan oleh bahan bakar yang menyala sangat sukar dipadamkan, sampai-sampai petugas pemadam menurunkan robot pemadam api untuk menjinakkan api yang bergelora. 4.000 galon cairan busa pemadam digunakan untuk menaklukkan api, tetapi sepanjang malam puing-puing masih terbakar. Letupan-letupan sering terjadi, diduga kalau KC-130 tersebut juga mengangkut amunisi.

Sebanyak 16 jenazah Marinir AS berhasil dikeluarkan dari reruntukan oleh para penolong yang bekerja semalaman suntuk tanpa kenal lelah untuk mengevakuasi dan memberikan penghormatan terakhir kepada mereka yang menyerahkan jiwanya untuk negara.

Menurut seorang petugas di Bandara Greenwood yang lokasinya berdekatan, KC-130 tersebut mengalami ‘kegagalan struktur’ pada ketinggian 20.000 kaki sebelum jatuh tak terkendali. KC-130 tersebut diperkirakan lepas landas dari Naval Support Activity Mid-South Base di Millington, Tennessee.

Tinggalkan Balasan

Top