You are here
Home > Artikel > Mendaki Gunung, Lewati Lembah: Gladi “Lima Menara” di Italia Menguji Kerjasama Multinasional!

Mendaki Gunung, Lewati Lembah: Gladi “Lima Menara” di Italia Menguji Kerjasama Multinasional!

Daerah dolomit sekitar Belluno, Falzarego Pass, Italia, menjadi riuh dengan perhelatan Multinational Joint Exercise “Cinque Torri 2017” (Lima Menara 2017) di Falzarego Pass, Italia. Lebih dari 600 personil dari 14 negara bergabung bersama Italia dalam latihan ini: Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Argentina, Hungaria, Bosnia, Bulgaria, Macedonia, Oman, Belanda, Pakistan, Romania, Slovenia dan Spanyol.

Menteri Pertahanan Italia, Roberta Pinotti, ditemani Kepala Staf Pertahanan Jenderal Claudio Graziano turut hadir dalam acara ini.

Institusi NATO juga turut berpartisipasi dalam Cinque Torri kali ini, yaitu dari NATO Mountain Warfare Centre of Excellence (MWCOE) yang berlokasi di Slovenia.

Divisi-divisi nasional yang ikut serta, antara lain: Resimen Alpine ke-7th- Julia Brigade, Tim Penyelamatan Alpine Militer, Resimen ke-5 – Pasukan Para Aline, Resimen Artileri ke-17 Sforzesca”, spesialis dari Resimen ke-2 – Transmisi, unit anjing dari Pusat Kedokteran Hewan Militer, instruktur pendaki dari AL dan Korps Karabinieri, serta helikopter AD dan AU.

Gladi bersama ini diakhiri dengan fly-past dari tim aerobatik AU Italia, Frecce Tricolori, yang menghiasi langit dolomit dengan tiga warna raksasa.

Semakin kompleksnya misi dari Angkatan Bersenjata Italia mempersuaratkan peningkatan kemampuan melalui pelatihan yang menggunakan teknologi dan peralatan yang sesuai dengan arahan Defence White Paper. Uji ketersediaan personil, kendaraan, dan peralatan yang dapat beroperasi di tengah penduduk nasional dilakukan melalui Operasi “Strade Sicure” (Jalan Aman).

Kementrian Pertahanan Italia telah meningkatkan jumlah pasukan Alpine di kota L’Aquila, dengan pendirian batalyon baru yang terspesialisasi dalam upaya penyelamatan pasca gempa bumi serta kondisi cuaca ekstrim.

Galeri gladi “Cinque Torri 2017” dapat dilihat di:

 

Sumber:
http://www.difesa.it/EN/Primo_Piano/Pagine/exe.aspx

Tinggalkan Balasan

Top