You are here
Home > Berita > Latancab 2017, Menguji Doktrin Infantri Mekanis TNI AD

Latancab 2017, Menguji Doktrin Infantri Mekanis TNI AD

Dentuman meriam Caesar dan serangan roket astros membuka serangan, dalam Latihan Antar Cabang (Latancab) TNI AD tahun 2017 di Puslatpur Batu Raja Sulawesi Selatan, sabtu pagi.

Usai serangan pembuka itu, belasan Tank Leopard melaju. Tak lama kemudian, tank asal jerman itu menembaki tank musuh. Tepaaat..!! Tembakan tank Leopard menghanguskan tank musuh yang disimulasikan dari tank bekas AMX-13.

Sejurus kemudian, giliran puluhan M-113 memasuki pertempuran. Tank angkut pasukan ini menekan musuh dengan senapan mesin berat, sebelum memuntahkan para prajurit Brigif 6 Kostrad dari dalamnya. Gerakan satuan mekanis ini juga mendapat perlindungan dan bantuan tembakan dari heli Bo-105 serta Mi-35P. Lalu tak ketinggalan aksi heli Nbell-412 yang membawa meriam 76mm serta mobil udara.

Demikianlah sekelumit jalannya pertempuran yang diperagakan di Latancab 2017. Yang menarik, ini adalah pertama kalinya TNI AD memfokuskan latihan berupa serangan brigade mekanis. Diakui pula oleh TNI AD, doktrin infantri mekanis yang mereka miliki dan jalani belum sempurna dan masih perlu dilatihkan kembali. Setidaknya dengan latihan ini perkembangan doktrin pertempuran modern juga sudah dipikirkan oleh TNI AD.

Nah bagi anda pembaca ARCinc, silahkan nikmati aksi satuan Brigade Mekanis 6 Divisi 2 Kostrad berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Top