You are here
Home > Artikel > Membanggakan! Thailand Mau Tambah Pesawat Patroli Maritim Buatan Indonesia Ini

Membanggakan! Thailand Mau Tambah Pesawat Patroli Maritim Buatan Indonesia Ini

www.tai.com

Ajang Singapore Airshow 2018 yang baru saja berlalu ternyata juga membawa asa dan harapan untuk produk militer dari PT Dirgantara Indonesia. Jane’s Navy (7/2) memberitakan bahwa Thailand ternyata kepincut dengan platform pesawat patroli maritim CN235-220 MPA (Maritime Patrol Aircraft). Thailand sendiri memang sudah beberapa dekade mengoperasikan CN235 buatan Indonesia.

Jumlah yang hendak dibeli tidak tanggung-tanggung, langsung sebanyak tiga unit untuk RTN (Royal Thai Navy). Negosiasi dikabarkan sudah mencapai tahap yang cukup lanjut sebagai persiapan sebelum penandatanganan kontrak.

www.indonesianaerospace.com

Wakil Presiden Penjualan PTDI Ade Yuyu Wahyuna mengatakan bahwa negosiasi ini sudah dimulai pada akhir Januari 2018 dan kontrak diharapkan bisa ditandatangani pada akhir tahun. Diperkirakan pemenuhan kontrak Thailand ini bisa makan waktu tiga tahun termasuk integrasi sistem patmar yang dibutuhkan.

RTN diperkirakan akan memanfaatkan CN235-220 MPA untuk berpatroli di kawasan Teluk Thailand dan Laut Andaman dimana Angkatan Laut negeri tetangga Thailand akhir-akhir ini meningkatkan kekuatannya termasuk dengan pembelian kapal selam. PTDI sendiri dapat mengkonfigurasi CN235-220 MPA mulai dari sekedar patroli maritim sampai dengan versi AKS (Anti Kapal Selam).

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Top