You are here
Home > Berita > AS Kembali Tantang Cina Di Samudera, Layari Selat Taiwan!

AS Kembali Tantang Cina Di Samudera, Layari Selat Taiwan!

Angkatan Laut Amerika Serikat telah mengarungi kapal perusak berpeluru kendali antara daratan Cina dan Taiwan untuk bulan ketiga berturut-turut, bagian yang diperdebatkan dimaksudkan untuk memastikan kapal-kapal dapat berlayar dengan bebas di sana, dikenal sebagaifreedom of navigation.

USS Curtis Wilbur dan kapal Cutter Coast Guard AS Bertholf melewati Selat Taiwan pada Minggu malam hingga Senin “sesuai dengan hukum internasional,” kata juru bicara Armada ke-7 Letnan Joe Keiley.

Cutter Bertholf

Tiongkok memprotes kapal perang AS yang berlayar melalui selat seluas sekitar 100 mil tanpa terlebih dahulu meminta izin; namun, AS menegaskan selat itu adalah jalur air internasional.

Bagian minggu ini adalah yang kelima kalinya dalam enam bulan kapal perang AS melakukan perjalanan. USS Stethem dan kapal kargo USNS Cesar Chavez melewati bulan lalu.

USS McCampbell dan kapal tangki pengisian ulang armada USNS Walter S. Diehl berlayar di sana pada bulan Januari. USS Stockdale dan kapal tangki pengisian ulang USNS Pecos melewati pada bulan November, dan USS Curtis Wilbur dan USS Antietam berlayar selat pada bulan Oktober.

Sebelum Oktober, hanya ada satu transit Selat Taiwan yang dilaporkan dalam lebih dari setahun.

Tinggalkan Balasan

Top