You are here
Home > Artikel > China Klaim Radarnya Sanggup Deteksi F-35 Di Laut China Selatan

China Klaim Radarnya Sanggup Deteksi F-35 Di Laut China Selatan

Peneliti militer China dilaporkan telah menguasai teknologi radar yang diklaim dapat mendeteksi pesawat siluman, yang dirancang agar tidak terlihat oleh radar normal. Terlebih lagi, kata mereka, radar juga dilindungi dari ancaman rudal anti-radiasi.

Peneliti utama tim radar maritim yang mengembangkan sistem radar, Liu Yongtan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok dan Akademi Teknik Cina, mengatakan kepada majalah Naval dan Merchant Ships dalam sebuah wawancara bulan lalu bahwa radar gelombang permukaan frekuensi tinggi (HFSWR) mereka dapat mendeteksi pesawat siluman di atas cakrawala dan dalam kondisi cuaca apa pun.

HSFWR sendiri dikatakan sebagai teknologi lama dari dekade 1950an, namun sempat ditinggalkan karena ukurannya yang besar dan kesulitan dalam pengembangannya.

Sistem HFSWR berbeda dari radar normal karena bukannya memancarkan gelombang mikro dan menunggu untuk mendengar gema dari objek lain, HFSWR menggunakan gelombang besar sepanjang satu meter.

Karena sifat gelombang yang disebut difraksi, gelombang panjang ini tidak berjalan dalam garis lurus, tetapi mengikuti kelengkungan permukaan Bumi, membuatnya jauh lebih berguna untuk mendeteksi objek di cakrawala.

penulis: Weka Ning Mahardhika

Tinggalkan Balasan

Top