You are here
Home > Berita > Gembiranya Argentina, Diberi Hibah 2 Kapal Selam Brasil

Gembiranya Argentina, Diberi Hibah 2 Kapal Selam Brasil

Di Amerika Selatan, Argentina menjadi pariah dalam hal pertahanan negara karena anggarannya yang begitu tipis untuk membiayai alutsista. Jangankan baru, memelihara yang sudah ada saja susah sekali. Kapal selam mereka bahkan karam di perairan Chile, meledak dan mengakibatkan awaknya gugur.

Untungnya, ada Brasil yang setia kawan. Negeri ini telah mulai memproduksi kapal selam kelas Scorpene di galangan kapalnya, sehingga kapal selam yang ada saat ini sudah bisa mulai dipensiunkan.

Angkatan Laut Brasil telah setuju untuk menghibahkan dua kapal selam kelas Tupi – adopsi Tipe 209/1400 buatan Jerman – ke Argentina, setelah pertemuan antara presiden Brasil Jair Bolsonaro dan mitranya dari Argentina, Mauricio Macri. Kesepakatan itu termasuk potensi transfer di masa depan dari dua kapal tambahan.

Dua yang pertama dapat diserahkan selama 2019 dan kapal kemudian akan menerima beberapa perbaikan kecil di galangan kapal Tandanor di Argentina sebelum memasuki dinas aktif pada tahun 2020.

Kapal selam kelas Tupi ditugaskan antara 1989 dan 1999 dan dijadwalkan akan digantikan oleh empat kapal selam kelas-Tonelero dari jenis Scorpene yang pembangunannya dilakukan secara bertahap.

kredit foto: Naval Technology

penulis: Aryo Nugroho

Tinggalkan Balasan

Top