You are here
Home > Artikel > Nasib! Seluruh C-130 Hercules AU Selandia Baru Grounded

Nasib! Seluruh C-130 Hercules AU Selandia Baru Grounded

AU Selandia Baru, yang saat ini tidak memiliki jet tempur, menghadapi masalah pelik terkait kemampuan mobilisasi udaranya. Bagaimana tidak, saat ini seluruh armada C-130 Hercules milik RNZAF (Royal New Zealand Air Force) statusnya grounded alias tak bisa terbang karena berbagai macam kerusakan.

Menteri Pertahanan Ron Mark mengatakan pada hari Kamis di sebuah komite terpilih bahwa Selandia Baru tidak memiliki satupun pesawat C-130 Hercules tunggal yang tersedia untuk digunakan.

Padahal, seharusnya RNZAF mampu menyediakan minimal 2 pesawat C-130 siap terbang pada setiap waktu. Menteri Mark mengatakan bahwa Pemerintah Selandia Baru tidak memiliki keberanian untuk segera merealisasikan pembelian C-130J sejak tahun lalu, sementara C-130H nya menua.

Padahal, akhir tahun nanti Perdana Menteri Jacinda Ardern berencana menggunakan C-130H untuk melaksanakan kampanye kunjungan ke Negara-negara Pasifik. AU Selandia Baru sendiri masih memiliki pesawat transport VVIP Boeing 757, namun Menhan Mark meyakini bahwa setidaknya satu C-130 akan siap untuk rencana itu di akhir tahun.

Penulis                 : Aryo Nugroho

Kredit foto          : RNZAF

Tinggalkan Balasan

Top