You are here
Home > Artikel > Airbus A321XLR, Now Everybody Can Fly Long Routes!

Airbus A321XLR, Now Everybody Can Fly Long Routes!

Banyak pihak yang menunggu-nunggu apakah Airbus Company akan meluncurkan varian pesawat terbarunya, Airbus A321XLR (Extra Long Range) dalam Paris Air Show 2019 kali ini.

A321XLR sendiri memang bukan sebuah produk baru, ia adalah evolusi panjang dari keluarga pesawat narrow body Airbus A320 yang juga banyak digunakan di Indonesia.

Namun secara fundamental desain, ada ceruk yang hendak diisi oleh Airbus dengan A321XLR: terbang jarak jauh, semurah mungkin. Selama ini budget airlines terbiasa mengisi rute regional saja.

Sekarang bayangkan kalau maskapai-maskapai budget itu bisa menawarkan kursi murah untuk penerbangan trans atlantik misalnya, tapi dengan harga jauh lebih murah karena pesawat yang dipakai adalah pesawat narrow body macam A321 dan bukan widebody A330 atau Boeing 777 yang biaya operasionalnya lebih mahal?

Airbus membuat A321XLR dengan kemampuan terbang lebih dari 8.300 kilometer dengan kondisi bahan bakar penuh, membuatnya sangat menarik untuk rute-rute jarak jauh. Kemampuan ini melebihi A321LR yang ‘hanya’ bisa terbang sejauh 7.400 kilometer membawa 206 penumpang.

Dengan keberadaan A321XLR, maskapai budget bisa mempertahankan kebijakan satu jenis pesawat untuk seluruh armada, misalnya A321 Neo untuk jarak menengah dan pendek, lalu A321XLR untuk terbang rute internasional. Terbukanya kemungkinan ini membantu menjaga agar biaya operasional mereka efisien. Now everybody can fly long routes!

Penulis: Aryo Nugroho

kredit foto: Airbus

Tinggalkan Balasan

Top