You are here
Home > Geopolitik > AS: Drone Kami Ditembak Jatuh Houthi Dan Iran!

AS: Drone Kami Ditembak Jatuh Houthi Dan Iran!

Komando Timur Tengah Militer Amerika Serikat (US CENTCOM) membuka pengakuan mengejutkan hari ini, bahwa drone MQ-9 Reaper mereka telah ditembak jatuh oleh pemberontak Houthi yang disokong oleh Iran pada 6 Juni 2019.

Pengakuan ini cukup berbeda dengan respon sebelumnya, dimana baik MQ-1 Predator maupun MQ-9 diduga telah ditembak jatuh, namun AS urung atau menolak mengakuinya.

Reruntuhan drone

Drone MQ-9 tersebut ditembak jatuh oleh Houthi dengan menggunakan rudal SA-6 Gainful (2K12) Kub yang diduga dioperasikan oleh Kesatuan Rudal Strategis Houthi. Pemberontak Houthi melalui akun twitternya menyebarkan foto lokasi jatuhnya drone tersebut dan menunjukkan komponen-komponen yang bertuliskan Bahasa Inggris.

Serangan terhadap drone AS ini kemudian disusul pada 13 Juni ketika MQ-9 Reaper sedang merekam ulah para prajurit IRGC yang ketahuan sedang melepas ranjau limpet yang terpasang di dinding lambung kapal sebelah kanan M/T Kokuka Courageous. Prajurit IRGC menembakkan rudal SA-7 ke arah drone yang kemudian berhasil menghindar dan rudal itu melintas satu kilometer dari posisi lintasan terbang drone.

Penulis: Aryo Nugroho

Tinggalkan Balasan

Top