You are here
Home > Berita > Indonesia Beli Amfibian CL-515 Untuk SAR Dan Tumpas Karhutla

Indonesia Beli Amfibian CL-515 Untuk SAR Dan Tumpas Karhutla

Indonesia menjadi launch customer untuk pesawat amfibi CL-515 yang diproduksi oleh Viking Air. Jika ada yang bertanya-tanya apa itu CL-515, mungkin akan lebih familiar jika menyebut CL-415.

Ya, program pesawat amfibi CL-415 yang dulunya dibuat oleh Bombardier Canada memang sudah dijual ke Viking Air, yang juga kini memiliki paten DHC-6 Twin Otter.

Sejatinya, CL-415 sudah lama dipasarkan ke Indonesia, bahkan sejak dekade 1990an. Malaysia bahkan sudah memilikinya untuk misi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

CL-515 sendiri dijanjikan akan memiliki kapasitas tangki untuk menampung air dan retardan yang lebih besar sehingga kemampuannya akan makin mumpuni.

Nah, CL-515 yang dibeli oleh Indonesia sendiri akan terdiri dari 4 unit CL-515 dalam konfigurasi first responder atau untuk misi SAR (Search and Rescue) serta 2 lainnya untuk misi water bombing alias pemadam kebakaran hutan, bencana yang tiap tahun selalu terjadi di negeri ini.

Bersama dengan pembelian enam unit CL-515 ini, Indonesia akan membeli juga satu unit CL-415EAF versi modernisasi. Namun belum diketahui apakah pesawat-pesawat ini nantinya akan dioperasikan oleh TNI AU atau institusi lain yang memiliki wewenang penanganan bencana.

Tinggalkan Balasan

Top