You are here
Home > Berita > Taiwan Kembangkan Drone Pembunuh Radar

Taiwan Kembangkan Drone Pembunuh Radar

Komando Pertahanan Udara dan Rudal Militer Taiwan menyatakan bahwa pihaknya menyediakan dana 80 Milyar Dolar Taiwan/ 2,54 Milyar Dolar AS untuk mengembangkan wahana udara nirawak spesialis penghancur radar.

Drone yang akan mengampu peran bak rudal HARM (High Speed Anti Radiation Missile) ini akan mampu mendeteksi, mengunci, dan menghancurkan posisi radar statik maupun bergerak seperti pada kapal perang, atau sumber elektromagnetik lainnya.

Drone anti radiasi ini dikabarkan didesain untuk mampu menjangkau seluruh stasiun radar Cina di wilayah Timur Laut yang berseberangan dengan Taiwan. Drone anti radar ini dirancang mobile untuk bisa diluncurkan dari truk.

Proyek ini akan dikerjakan oleh NCSIST (National Chung Shan Institute of Science & Technology). NCSIST mengatakan bahwa satu drone pemakan radar ini harganya akan lebih murah dari satu unit AGM-88A HARM buatan AS.

Proyek yang dikembangkan taiwan ini bukanlah yang pertama. Israel menjadi negara pertama pembuat drone penghancur radar dengan meluncurkan IAI Harpy.

foto: shephard

penulis: Aryo Nugroho

Tinggalkan Balasan

Top