You are here
Home > Geopolitik > Rusia: AS Awas, Jangan Krisis Rudal Kuba Terulang Lagi!

Rusia: AS Awas, Jangan Krisis Rudal Kuba Terulang Lagi!

Rusia telah memperingatkan AS bahwa penumpukan senjata rudal di Eropa berisiko terulangnya krisis rudal Kuba – bersamaan waktunya dengan kapal perang AL Rusia Admiral Gorshkov berlabuh di dekat Havana kemarin.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan pada hari Senin bahwa AS berencana untuk menerapkan sistem rudal di dekat perbatasan Rusia berisiko mengalami kebuntuan nuklir setara dengan tingginya ketegangan Perang Dingin.

AS selalu beralasan bahwa fasilitas mereka di Rumania dan Polandia adalah terkait dengan radar untuk sistem pertahanan rudal semesta anti rudal balistik Rusia. Di sisi lain Rusia mengatakan bahwa AS menggunakan pertahanan rudal sebagai alasan untuk menempatkan rudal lebih dekat dengan Rusia.

Jangkauan rudal Soviet, jika terpasang di Kuba

Krisis rudal Kuba (Rusia menyebutnya Krisis Karibia) meletus pada tahun 1962 ketika Uni Soviet menanggapi penyebaran rudal AS di Turki dengan mengirimkan rudal balistik ke Kuba – hanya beberapa mil dari garis pantai AS.

Ini memicu ketegangan dua minggu yang menegangkan yang membawa dunia ke tepi perang nuklir. Krisis mereda ketika kapal-kapal Soviet menuju Kuba berbalik menghadapi blokade laut AS.

Akhirnya, Uni Soviet setuju untuk mengeluarkan misilnya dari Kuba dengan imbalan AS berjanji tidak akan menyerang Kuba, dan secara rahasia menarik rudalnya dari Turki.

Washington diam-diam mengatakan akan menghapus rudal AS dari Turki untuk menghindari terulangnya bencana yang hampir terjadi.

Tinggalkan Balasan

Top