You are here
Home > Geopolitik > China Kian Agresif, Jet Tempurnya Sambar Kapal Perang Kanada

China Kian Agresif, Jet Tempurnya Sambar Kapal Perang Kanada

China nampaknya kian menunjukkan langkah-langkah agresif dalam mempertahankan klaim sepihaknya untuk menguasai wilayah dalam nine dash line.

Terakhir, sepasang jet tempur Su-30MKK dilaporkan menyambar kapal perang Angkatan Laut Kanada, HMCS Regina pada hari Senin, 24 Juni 2019 di wilayah perairan internasional di sisi Timur Shanghai.

Su-30MKK itu terbang rendah, hanya 300 meter dari haluan HMCS Regina dengan ketinggian di bawah 500 meter di atas permukaan air.

HHMCS Regina dalam salah satu latihan maritim

Ini merupakan pertemuan kali pertama dalam jarak dekat antara jet tempur China (tidak diketahui milik PLAN atau PLAAF) dengan kapal perang militerKanada.

HMCS Regina sendiri selama beberapa hari mengamati sejumlah Su-30 yang melintas beberapa kilometer jauhnya dari posisi kapal, namun baru kali ini ada yang melintas sedekat ini.

Menurut komandan HMCS Regina Cdr. Jake French, manuver jet tempur China tersebut tidak berbahaya, namun membuat ia dan awak kapalnya semakin waspada. Baginya, apa yang dilakukan China itu sesuatu yang normal, mengawasi apa yang dilakukan militer Negara lain di area operasinya.

Penulis: Weka Ning Mahardhika

Tinggalkan Balasan

Top