You are here
Home > Artikel > Goodbye Malaysia, TNI AU Kini Percayakan MRO C-130 Pada GMF

Goodbye Malaysia, TNI AU Kini Percayakan MRO C-130 Pada GMF

Bukan rahasia, jika selama ini TNI Angkatan Udara masih mempercayakan perawatan sedang dan berat C-130 Hercules seri B dan H di luar negeri.

Dua Negara yang pernah menangani C-130 TNI AU adalah Singapura, dalam hal ini dengan ST Aero, dan Malaysia dengan Airod. Terakhir, regenerasi C-130B A-1309 tercatat masih dilakukan di AIROD pada tahun 2018.

Dari segi devisa, sebenarnya cukup sayang kalau perawatan di luar negeri karena Dolar mengalir keluar negeri. Dari segi kedaulatan, tentu ada yang tak pas rasanya kalau perawatan aset alutsista strategis dilakukan di luar negeri.

Nah, untungnya ada kabar gembira. PT GMF AeroAsia Tbk, anak perusahaan BUMN yang kini telah di spin-off, pada 2020 akan memulai lini bisnis baru yaitu perawatan alutsista TNI seperti diumumkan dalam temu media semalam.

Sebagai proyek pertama, perawatan dan modifikasi C-130 TNI AU pun disasar, seperti diungkap Plt. Direktur Utama GMF Tezar Marta.

GMF akan menerima modifikasi berupa digitalisasi kokpit dan avionik pada C-130 dengan menggandeng sejumlah vendor terpercaya. Selain itu ada penggantian dan perawatan struktur seperti wing box, dan juga maintenance mesin Allison T56.

Saat ini GMF memang masih melakukan sejumlah pembicaraan terkait hal tersebut dengan TNI AU, dan finalisasi diharapkan dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Jadi, sebentar lagi bersiaplah ucap selamat tinggal pada Malaysia dan berbangga bahwa kini bertambah lagi kemampuan anak negeri merawat alutsista sendiri.

Kredit foto: tempo.com

penulis: Aryo Nugroho

Tinggalkan Balasan

Top