You are here
Home > Berita > Mi-35P+ : Baru Oke, Upgrade Boleh! TNI AD Mau?

Mi-35P+ : Baru Oke, Upgrade Boleh! TNI AD Mau?

Walaupun Rusia sudah memiliki gacoan heli serang baru seperti Ka-52 dan Mi-28NM, nyatanya kuda perang Mi-24 Hind begitu sulit untuk dihapus reputasinya yang kenyang asam garam pertempuran.

Dalam penutupan Army-2019, Russian Helicopters sebagai pembuatnya mengumumkan penyempurnaan Mi-24 sebagai produk Mi-35P+ yang diperuntukkan bagi pasar ekspor.

Russian Helicopters menjanjikan umur pakai yang lebih panjang dimana Mi-35P+ punya umur ekonomis mencapai 45 tahun atau naik 50% dari versi sebelumnya.

Mi-35P+ juga akan memperoleh sistem manajemen senjata baru, plus kemampuan menggotong rudal anti tank varian terkini seperti 9K121M Vikhr-M1 dan sistem proteksi seperti President-S.

Direktur Russian Helicopters Andriy Boginsky mengatakan bahwa Mi-35P+ akan diutamakan dipasarkan ke Negara-negara yang selama ini telah mengoperasikan helikopter dari keluarga Mi-24/25/35.

Pihaknya mengatakan bahwa heli Hind eksisting juga bisa diupgrade ke standar Mi-35P+, sampai ke sistem elektro optik terbaru OPS-24N-1L, sehingga cocok buat Negara dengan anggaran cekak atau terbatas.

TNI AD sendiri sebagai pengguna Mi-35P tentu masuk dalam kategori yang disasar, walau Russian Helicopters mengatakan akan fokus ke Afrika.

Biarpun dinamai Mi-35P+, menurut penulis, Russian Helicopters pasti akan bisa menerapkan modifikasi yang sama untuk varian Mi-35M dengan kanon

Tinggalkan Balasan

Top