You are here
Home > Geopolitik > AU India Bakal Uji ASRAAM Di Su-30MKI Dan Jaguar, Ragu Rusia?

AU India Bakal Uji ASRAAM Di Su-30MKI Dan Jaguar, Ragu Rusia?

Angkatan Udara India diberitakan oleh The Print akan melakukan uji integrasi dan penembakan rudal ASRAAM (Advanced Short Range Air to Air Missile) pada jet tempur Su-30MKI pada tahun 2019 sebagai alternatif dari rudal R-73 Rusia.

Uji integrasi tersebut juga akan diperluas ke jet tempur serang darat SEPECAT Jaguar yang juga dimiliki India. Secara spesifikasi, rudal ASRAAM buatan pabrikan MBDA Inggris memiliki jarak jangkau sejauh lebih dari 25 kilometer, sama dengan rudal R-73.

ASRAAM sendiri dipilih sejak tahun 2013, dalam kompetisi yang diikuti oleh R-73M Rusia, IRIS-T buatan Jerman, rudal Python-3 dari Israel, dan AIM-9X Sidewinder dari Amerika Serikat.

ASRAAM sendiri memiliki bobot 88 kilogram, lebih ringan 20 persen dari R-73 sehingga diharapkan memiliki kinematik yang lebih baik dari R-73. ASRAAM sendiri bisa diintegrasikan dengan sistem Helmet Mounted Sight dan memiliki pemandu sistem infra merah.

Ujicoba integrasi ASRAAM ini muncul di tengah laporan bahwa Angkatan Udara India memendam kekecewaan mendalam atas performa rudal Rusia dalam skirmish singkat antara AU India dan AU Pakistan di wilayah Balakot, Kashmir.

Tinggalkan Balasan

Top