You are here
Home > Artikel > Pemerintah RI Cari Utangan, Biayai Proyek Kapal Selam

Pemerintah RI Cari Utangan, Biayai Proyek Kapal Selam

Dengan selesainya pengadaan 3 unit kapal selam kelas Chang Bo Go (Type 209/1400) untuk TNI Angkatan Laut, Pemerintah RI memutuskan bahwa kelanjutan proyek pembuatan kapal selam untuk batch berikutnya akan dilanjutkan untuk tipe yang sama, oleh PT. PAL Surabaya.

Nah, menurut Defenseworld (7/7), Pemerintah RI nampaknya akan mencari utang atau pinjaman luar negeri sekira 1,2 Milyar Dolar AS yang diperlukan untuk membuat kapal selam tersebut.

Pengadaan kapal selam batch pertama pun sebenarnya sudah dibeli dengan dana pinjaman dari Korea Eximbank, namun Kementerian Keuangan RI masih tidak sreg dengan nilai bunga yang dibebankan kepada pemerintah karena dianggap terlalu mahal.

Menurut keterangan Direktur Keuangan PT. PAL Irianto Sunardi, Kementerian Keuangan memandang Indonesia seharusnya memperoleh tawaran bunga yang lebih murah karena memiliki rating investasi yang terus membaik.

3 kapal selam dari batch pertama yaitu Nagapasa-403 dan Ardadedali-404 telah dikirimkan dari Korea Selatan dan diterima TNI AL, sementara 1 unit terakhir yaitu KRI Alugoro-405 tengah menjalani uji laik laut.

Tinggalkan Balasan

Top