You are here
Home > Berita > VBMR Griffon Bertugas, Akhiri Pengabdian Panjang VAB 6×6

VBMR Griffon Bertugas, Akhiri Pengabdian Panjang VAB 6×6

Panser VAB (Vehicule d l’Avant Blinde) selama tiga dekade lebih menjadi panser andalan militer Prancis dan berbagai kekuatan militer dunia, termasuk Indonesia yang memproduksinya sebagai Anoa 6×6.

Nah, seiring perkembangan jaman, Prancis merasa bahwa platform VAB sudah tidak memadai baik dari segi proteksi maupun kemampuan untuk bertempur dalam jaringan.

Penggantinya sudah disiapkan jauh-jauh hari yaitu VBMR (Vehicule Blinde Multi-Roles) Griffon 6×6. Kendaraan bersasis truk berbobot 24 ton ini memiliki arsitektur modular untuk berbagi data, dan sudah sesuai dengan program prajurit masa depan FELIN, sambil mempertahankan biaya yang tetap murah.

VBMR Griffon sendiri memiliki proteksi yang lebih baik dari VAB, menawarkan perlindungan dari ranjau dan IED, sesuatu yang tidak dimiliki oleh VAB.

Peresmian VBMR Griffon pertama ini diresmikan oleh Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly.

VBMR Griffon sendiri bisa dipersenjatai dengan RCWS (Remote Controlled Weapon System) dengan senapan mesin 12,7mm, namun juga bisa dipasangi rudal jarak menengah anti tank MMP, dan varian pembopong mortir juga sedang disiapkan.

Tinggalkan Balasan

Top