You are here
Home > Artikel > MANSUP Mantap! Brasil Uji Rudal Anti Kapal Buatan Sendiri

MANSUP Mantap! Brasil Uji Rudal Anti Kapal Buatan Sendiri

Angkatan Laut Brasil melaksanakan uji dinamis ketiga atas sistem rudal anti kapal MANSUP (Míssil Antinavio Nacional) atau rudal anti kapal nasional, program rudal anti kapal untuk kapal perang Brasil.

Peluncuran ketiga ini dilakukan dari atas Frigat Independence di perairan antara Rio de Janeiro dan Cabo Frio, dikawal LPD Bahia dan Frigat Constitution. MANSUP menyasar kapal tunda samudera Tridente yang sudah dipensiunkan dari dinas aktif.

Pengujian dilaporkan berlangsung dengan lancar, seluruh subsistem pendukung berfungsi seperti seharusnya, dan sasaran dapat dihancurkan. Data telemetri dapat terekam dengan baik untuk digunakan dalam pengembangan selanjutnya

Sebagai catatan, pengujian pertama MANSUP dilakukan pada November 2018 dari korvet Barosso dan pada Maret 2019 dari atas Frigat Independencia.

Program rudal MANSUP sendiri sudah beberapa kali berganti nama, mulai dari AV-REN40, MAN-1, dan dibuat oleh Avibras dan Mectron untuk membuat rudal dengan performa setara Exocet Block III buatan MBDA Prancis.

Tinggalkan Balasan

Top