You are here
Home > Berita > Pilot AU Thailand Ini Pilih Korbankan Jiwa Raga Demi Selamatkan Penduduk

Pilot AU Thailand Ini Pilih Korbankan Jiwa Raga Demi Selamatkan Penduduk

Jatuhnya pesawat jet latih L-39 Angkatan Udara Thailand menyimpan kisah pilu namun sekaligus wiracarita kepahlawanan, membuktikan bahwa mereka yang terpilih sebagai prajurit adalah individu yang menempatkan tugas dan rakyat di atas segalanya.

Pilot yang gugur, Squadron Leader Naruepol Lueadkusol sebenarnya bisa saja ikut melontar dan selamat, namun dirinya memilih terus mempertahankan arah terbang pesawat sampai ajal menjemput karena pesawat itu terbang mengarah ke area perumahan penduduk.

Menurut Kepala Staf AU Thailand Marsekal Chaiyapruk Didyasarin saat menerima jenazah Sqn. Ldr. Naruepol di pangkalan udara Don Muang, “Dia tahu apa yang dia pilih dan lakukan.”

Sqn. Ldr. Naruepol Lueadkusol. bangkokpost.com

Berdasar prosedur keamanan, saat melontarkan diri seharusnya pilot yang duduk di belakang seharusnya melontar lebih dulu sesuai dengan sekuensial pelontaran otomatis dalam kondisi darurat, baru kemudian pilot yang duduk di depan.

Namun dalam insiden itu, Sqn Ldr Naruepol memerintahkan Wing Cdr. Thanawat Khunkhuntod untuk melontar sementara dirinya terus mengarahkan pesawat keluar dari area pemukiman. Wing Cdr. Thanawat melontar pada ketinggian 1.700 kaki dpl, hanya 700 kaki di atas permukaan tanah karena lokasi propinsi Chiang Mai ada di dataran tinggi.

serpihan L-39 yang jatuh

L-39 itu jatuh, Sqn. Ldr. Naruesol gugur seketika, dan jasadnya dibawa ke Pangkalan Militer Don Muang.

Raja Thailand memerintahkan dilakukannya prosesi pemandian jenazah dan ritual pemakaman sesuai standar kebangsawanan, dan menaikkan pangkat Sqn. Ldr. Naruepol Lueadkusol dua tingkat menjadi Air Marshal.

Tinggalkan Balasan

Top