You are here
Home > Artikel > Seperti RI Yang Taksir Iver Huitfeldt, Vietnam Juga Niat Beli Frigat kelas Berat

Seperti RI Yang Taksir Iver Huitfeldt, Vietnam Juga Niat Beli Frigat kelas Berat

Seperti keinginan TNI Angkatan Laut untuk membeli kapal perang kelas perusak (destroyer) dengan kandidat terkuat yaitu frigat kelas berat Iver Huitfeldt dari Denmark, Vietnam sebagai negara anggota ASEAN juga tengah ingin mengakuisisi kapal pada kelas serupa.

Sebagai catatan, Angkatan Laut Vietnam saat ini mengoperasikan 4 unit frigat Gepard 3.9 yang dibeli dari Rusia, dan sejauh ini mereka cukup puas.

Untuk mencari kandidat kapal perang yang sesuai ini, AL Vietnam mengirimkan cukup banyak delegasi ke pameran IMDS Exhibition, St Petersburg Rusia 2019 untuk melihat berbagai kandidat yang sesuai.

Delegasi Vietnam berbicara dengan Rusia

Dan walaupun media Rusia memberitakan bahwa AL Vietnam tertarik pada Project 22800 Karakurt yang merupakan kapal perang jenis korvet, namun konon yang sebenarnya diincar adalah Project 22356, yang merupakan versi ekspor atau komersial dari kelas Admiral Gorshkov.

Delegasi Vietnam bahkan juga mengunjungi Admiral Kasatonov, yang merupakan kapal perang kedua di kelas Admiral Gorshkov dan baru saja menjalani uji sistem dan kemampuan.

Uniknya, walaupun secara resmi menyandang kelas frigat, sesungguhnya Admiral Gorshkov dengan panjang 120 meter dan tonase 5.400 ton sudah masuk dalam golongan frigat kelas berat, kalau tidak mau menyebutnya destroyer alias kapal perusak.

Foto muka: Admiral Kasatonov Frigate

Tinggalkan Balasan

Top