You are here
Home > Berita > Militer Israel Turun Gunung, Beri Ilmu Anti Teror Ke Militer Filipina

Militer Israel Turun Gunung, Beri Ilmu Anti Teror Ke Militer Filipina

Militer Filipina yang menghadapi tantangan besar ekstremis kanan di Marawi pada 2017 menyadarkan mereka kalau mereka masih membutuhkan banyak peralatan, ilmu, dan peningkatan kemampuan.

Untuk itu, militer Filipina tak segan belajar, salah satunya dari Israel. IDF mengirimkan penasehat militer dari Brigade Nahal, pasukan baret hijau yang spesialisasinya adalah pengintaian, patroli perbatasan, dan operasi anti teror. Nahal ditugaskan di perbatasan Israel dengan Lebanon, Suriah, dan Gaza.

Delegasi Brigade Nahal yang datang ke Israel dipimpin Kolonel Dan Goldfus selaku komandan Brigade Nahal. Ia dan timnya yang berjumlah 10 orang menghabiskan 2 minggu melatih 175 perwira pasukan anti teror Filipina di Fort Bonifacio, Taguig, Manila Utara.

Militer Filipina yang mengikuti kursus singkat ini datang dari unit-unit pasukan khusus seperti First Scout Rangers, Light Reaction Regiments, dan perwakilan dari Divisi Infantri ke 2, 5, 7, dan 9.

KSAD Filipina LetJend. Macairog Alberto mengatakan bahwa program pelatihan oleh Brigade Nahal Israel ini akan mengasah dan meningkatkan kemampuan anti teror pasukannya.

LetJend Alberto menekankan bahwa terorisme adalah ancaman kompleks yang membutuhkan kerjasama internasional dan pertukaran informasi dan pengetahuan dengan militer luar.

Tinggalkan Balasan

Top