You are here
Home > Artikel > Iran Punya Drone? AL Inggris Tak Takut Lagi, Ada Ini!

Iran Punya Drone? AL Inggris Tak Takut Lagi, Ada Ini!

Salah satu kekuatan inkonvensional Iran yang telah digunakan secara efektif adalah armada drone intai dan drone serang yang mereka miliki. Drone intainya pernah dikerahkan mengintip kapal induk AS di Teluk Persia. Drone serangnya diberi ke Houthi untuk menyerang Arab Saudi.

Inggris yang sempat bersitegang dengan Iran tentu memikirkan ancaman drone ini secara serius. Salah satu alutsista yang disiapkan adalah Thales LMM (Lightweight Multi Role Missile) alias Martlet. LMM sendiri bisa dianggap sebagai penerus sistem Starstreak dan dapat dipakai menghalau serangan pada jarak sangat dekat.

LMM sendiri awalnya didesain sebagai rudal yang dibawa oleh heli Wildcat untuk menghantam kapal cepat, namun ternyata oke juga untuk dipakai menghalau sasaran terbang seperti drone.

LMM kemudian dikawinkan dengan sistem kanon tembak cepat 30mm DS30M Mk2 dengan 5 tabung rudal LMM diposisikan di sisi kanan kubah.

Uji tembak dilakukan oleh frigat Type 23 HMS Sutherland (F81) di Aberporth Range setelah integrasi selama 5 bulan dimana sistem kanon-rudal itu berhasil menghantam sasaran di permukaan dan juga menjejak drone sampai sejauh 5 kilometer.

Dari uji tembak, LMM mampu menghantam drone, hasil sama dengan yang dicatatkan dengan varian portabel yang sudah diuji oleh Royal Marines. Sekarang tantangannya tinggal mengadaptasi sistem ini ke kapal perang AL Inggris yang ditugaskan ke Teluk Persia secepat mungkin.

Tinggalkan Balasan

Top