You are here
Home > Berita > Latma AS-Singapura Bersandi Balsem Cap Harimau , Serius Nggak Sih?

Latma AS-Singapura Bersandi Balsem Cap Harimau , Serius Nggak Sih?

Pembaca tahu balsem cap harimau (Tiger Balm)? Balsem menthol yang diciptakan di Yangoon oleh Aw Brothers pada 1924 ini merupakan ‘obat wajib segala penyakit’ buat orang-orang yang tinggal di Malaysia dan Singapura, dan cukup terkenal di Indonesia, nyaris menyaingi Vicks Vaporub.

Saat ini dibuat oleh perusahaan Haw Par di Singapura, Tiger Balm kini membuat beragam produk yang semuanya fokus pada pengobatan salah urat, kaki terkilir, otot tegang, rematik, dan sebagainya. Lalu apa hubungan balsem cap harimau dengan militer?

Tiger Balm 2018

Rupa-rupanya, Tiger Balm dijadikan sandi atau nama latihan militer bersama Angkatan Darat Singapura dan Amerika Serikat, mungkin karena kepopuleran balesem Tiger Balm di Singapura sendiri, atau Pemerintah Singapura berusaha untuk mencari nama yang tidak terdengar agresif. Rasa-rasanya, tidak pernah ada dalam sejarahnya latma yang disponsori AS diberi nama dengan obat-obatan.

Nah, Tiger Balm yang diadakan setahun sekali ini untuk edisi 2019 dilaksanakan di Mandai Hill Camp pada 10 sampai 19 Juli. Tiger Balm, atau dikenal sebagai Lightning Strike sendiri merupakan latihan level brigade untuk meningkatkan interoperabilitas militer AS dan Singapura.

Tiger Balm 2017

Singapura mengirimkan 76th Infantry Brigade dan 5th Battalion Singapore Infantry Regiment, sementara AD AS mengirim 33rd Infantry Brigade Combat Team, 2-130th Infantry Battalion, dan 1-23 Stryker Platoon. 766 prajurit ini akan berlatih beroperasi sebagai CJTF (Combined Joint Task Force).

Tiger Balm 2019

Skenario yang dilatihkan adalah operasi mekanis URBOP (Urban Operations) dan penanganan IED (Improvised Explosive Device). Masing-masing militer akan berbagi ilmu, taktik, teknik dan prosedur yang diharapkan menajamkan kemampuan tempur kedua Angkatan bersenjata.

Tinggalkan Balasan

Top