You are here
Home > Berita > Argentina Nego P-3C Orion Bekas AL AS

Argentina Nego P-3C Orion Bekas AL AS

Argentina lagi-lagi membuat berita. Setelah beberapa hari lalu ARCINC menurunkan adanya negosiasi senyap pengadaan F/A-50 Golden Eagle antara Pemerintah Argentina dan Korea Selatan, kali ini Argentina kembali membuat langkah akuisisi alutsista.

Angkatan Laut Argentina pada 16 Juli lalu mengakui bahwa mereka sedang bernegosiasi dengan Pemerintah AS untuk bisa membeli 4 unit pesawat intai/ patroli maritime P-3C Orion bekas pakai AL AS.

P-3C ini untuk menggantikan P-3B yang digunakan EAE (Escuadrilla Aeronaval de Exploracion) atau Skadron Udara Patroli Maritim sejak dekade 1980an.

Argentina sendiri sudah menunjukkan minat serius meminang P-3C ketika personil AL Argentina mengunjungi AS untuk memeriksa sejumlah pesawat yang dipensiunkan pasca P-8 Poseidon bertugas.

Pada 25 Juni lalu Panglima US SOUTHCOM (Southern Command) Laksamana Craig Faller mengatakan bahwa P-3C Orion bekas dapat dijual kepada Argentina, dan sejak itulah negosiasi serius dimulai untuk pengadaannya.

P-3C sendiri saat ini menjadi pesawat yang cukup ‘seksi’ karena banyak negara meminatinya. Di ASEAN, Filipina menjadi satu negara yang mengincar P-3C bekas pakai AL AS.

Tinggalkan Balasan

Top