You are here
Home > Berita > Hore! Kemenkeu Tambah 2 Trilyun, TNI AL Dapat 2 Kapal Perang Baru

Hore! Kemenkeu Tambah 2 Trilyun, TNI AL Dapat 2 Kapal Perang Baru

Di tengah keterbatasan anggaran Pertahanan Republik Indonesia dan postur anggaran pendapatan dan belanja negara secara keseluruhan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia ternyata masih bisa mengalokasikan dana tambahan alutsista.

Jane’s (17/7) memberitakan bahwa Kemenkeu telah menyetujui tambahan anggaran pertahanan 2019 sebesar 2 Trilyun Rupiah, yang ditujukan untuk mempercepat pengadaan dua kapal perang jenis survei hidrografi.

Kapal survei hidrografi ini akan memiliki peran ganda sebagai kapal penyelamat untuk kondisi darurat pada kapal selam yang dibutuhkan mengingat TNI AL sendiri kini sudah memiliki 4 kapal selam aktif dan 1 yang tengah diuji coba.

Tambahan dana 2 Trilyun Rupiah ini menggenapkan anggaran pertahanan 2019 menjadi 110 Trilyun Rupiah.

Contoh kemampuan sensor Spica untuk menemukan kapal selam lawan

TNI AL sendiri sudah memiliki dua kapal bantu Hidro Oseanografi yaitu KRI Rigel-933 dan juga KRI Spica-934. Keduanya dibuat oleh galangan kapal OCEA di Prancis dan secara resmi keduanya masuk dalam kategori MPRV (Multi Purpose Research Vessel).

Peran penting kapal hidro oseanografi sendiri adalah terutama memetakan alur bawah laut sehingga navigasi kapal selam dapat dilakukan dengan aman baik dalam patroli maupun perburuan kapal selam lawan, atau memburu kapal selam lawan.

Tinggalkan Balasan

Top