You are here
Home > Artikel > Intip ‘Senjata’ Pindad MT-LBu-GPM-10, Canggih Lho!

Intip ‘Senjata’ Pindad MT-LBu-GPM-10, Canggih Lho!

Masih membahas soal MT-LBu-GPM-10 yang diposisikan oleh PT. Pindad dan Muromteplovoz Rusia sebagai platform kendaraan fire fighting alias pemadam kebakaran, tak lengkap rasanya jika tidak membahas sistem senjata utamanya yaitu water cannon.

MT-LBu-GPM-10 sendiri dipersenjatai dengan pompa NCPK-40/100 yang bisa menarik airnya dari tangki reservoir berkapasitas 3.200 liter untuk air, dan 300 liter untuk busa khusus pemadam api alias retardant. Kalau tersedia sumber air, bisa pula disedot menggunakan selang.

Sistem LSF-40U

Sementara untuk nosel yang menembakkan air, menggunakan 2 nosel LSF-40U yang mampu menyemburkan air berjarak minimal 60 meter. Pengoperasiannya menggunakan remote control.

ARCINC yang diwakili Bapa Diki sendiri sempat mencoba remote tersebut, hanya sayangnya tidak bisa mencoba mengoperasikannya langsung. Remote ini bisa memilih nosel mana yang mau digunakan, dan arah tembakan air yang diperlukan, serta sudutnya.

Ini dia remote untuk mengeoperasikan LSF-40U

Dengan modal ‘senjata’ pembunuh api tersebut, Pindad-Muromteplovoz sendiri nampaknya cukup yakin untuk bisa menawarkan MT-LBu-GPM-10 ini sebagai kendaraan serbaguna tidak hanya untuk melawan kebakaran hutan dan lahan, tapi juga untuk penggunaan umum seperti di bandara.

Sementara untuk melindungi kendaraan dari api yang mungkin mengepung, MT-LBu-GPM-10 sendiri juga dilengkapi dengan 10 nosel yang mampu menyemprotkan air ke sekeliling kendaraan sehingga api bakal menjauh.

Kredit Foto: Bapa Dicky (Sekjend ARCINC)

Tinggalkan Balasan

Top