You are here
Home > Artikel > Detail Lengkap Pencegatan Su-30MK2V Atas SWORD 15 AL AS

Detail Lengkap Pencegatan Su-30MK2V Atas SWORD 15 AL AS

Semalam ARCINC telah menurunkan intersepsi yang dilakukan oleh Sukhoi Su-30MK2V Angkatan Udara Venezuela terhadap pesawat intai elektronik EP-3E Aries. Hari ini ARCINC menurunkan detailnya sebagai berikut:

Pada jam 9:52 (waktu legal Venezuela) tanggal 19 Juli 2019, sistem kontrol lalu lintas udara Venezuela mendeteksi keberadaan pesawat yang melintasi “Curaçao Flight Information Region (FIR)” salah satu dari tiga wilayah FIR di Venezuela utara. 

Wilayah Informasi Penerbangan, yang secara internasional dikenal sebagai Wilayah Informasi Penerbangan, atau FIR, adalah bagian dari wilayah udara di mana layanan kontrol lalu lintas udara suatu negara memberikan panduan untuk pesawat yang bergerak di sana.

Baca juga: Protes AS Ke Venezuela Karena Dicegat Su-30MK2

Rute Penerbangan SWORD 15. Livemint.com

Pesawat EP-3E Aries itu menggunakan callsign “SWORD 15”. Karena tidak ada tanggapan terhadap permintaan berulang yang dikirim oleh ATC Venezuela ke kontak yang tidak dikenal untuk mengidentifikasi dirinya, maka jet tempur diperintahkan lepas landas untuk melakukan intersep.

2 jet tempur Sukhoi Su-30MK2V segera scramble pukul 10.25 pagi setempat dari Pangkalan Udara Teniente Luis Valle Garcia, yang terletak di kota Barcelona, ​​Negara Bagian Anzoatégui.

EP-3 VQ-1, Perhatikan Logo kelelawar di sirip ekor tegak. Navy.mil

Pangkalan udara ini adalah markas Grup Pencegat Udara Libertadores Simón Bolívar 13 “Leones”, dilengkapi dengan jet tempur Sukhoi Su-30MK2V “Flanker-G” yang didistribusikan ke Skuadron 131 “Cayaurima”, 132 “Pumas / Yavire” dan 133 “Urimare”.

Baca juga: TNI AU Upgrade Su-30MK Jadi Su-30MK2

Sementara jet-jet tempur AU Venezuela lepas landas, 19 menit kemudian “SWORD 15” memasuki wilayah Maiquetia FIR. Wilayah ini sangat rawan karena juga dilintasi oleh penerbangan sipil, sehingga pesawat AS itu menimbulkan resiko bagi penerbangan sipil Venezuela.

Emblem Skadron VQ-1 World Watchers

Pada pukul 11.33 waktu setempat, elemen pencegat mencapai area SWORD 15, yang secara visual diidentifikasi sebagai Lockheed EP-3E Aries II, ‘Nomor Biro’ 160764, organik Skuadron Pengintai Armada Udara (VQ-1) “World Watchers”.

Skuadron ini mudah dikenali karena simbol kelelawar yang mereka gunakan di logo skadron. EP-3E Aries II yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat ini ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Pulau Whidbey di Negara Bagian Washington.

Fase berikutnya dari intersepsi Aries II terjadi pada pukul 11:43, ketika Su-30MK2V Venezuela mengawal pesawat AS keluar dari perbatasan FIR Maiquetia, setelah itu mereka mendarat di Pangkalan Udara Capitan Manuel Rios di wilayah El Sombrero, Negara Guárico, yang merupakan pangkalan udara yang juga mampu mendukung operasional Su-30MK2V.

Setelahnya, AS mengajukan protes karena dicegat oleh AU Venezuela. Dari tangkapan video di EP-3, sesungguhnya pesawat Su-30MK2 masih berjarak cukup jauh dari EP-3E, walaupun memang menyalakan afterburner untuk menakut-nakuti.

Tinggalkan Balasan

Top