You are here
Home > Berita > Sesumbar Trump: Saya Bisa Musnahkan Afghanistan Dari Muka Bumi Dalam 10 Hari

Sesumbar Trump: Saya Bisa Musnahkan Afghanistan Dari Muka Bumi Dalam 10 Hari

Presiden AS Donald Trump yang menerima Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengeluarkan pernyataan yang sombong, penuh sesumbar, dan tidak berpijak pada realita terkait dengan keterlibatan militer AS di Afghanistan.

Menurut Presiden Trump berkata, “Jika saya ingin memenangkan perang itu, Afghanistan bisa dihapus dari muka bumi. Semua akan berakhir dalam waktu 10 hari, tapi saya tidak mau membunuh 10 juta orang.

“Kami sudah ada di sana selama 19 tahun, namun kami bertindak sebagai polisi, bukan tentara. Jika kami mau, kami bisa bersikap sebagai prajurit dan mengakhirinya dalam 1 minggu, 10 hari,” kata Trump.

Tentara AS di Afghanistan

“Saya tidak mau mengambil rute itu,” katanya mengenai rencana militer sebesar itu. “Jadi kami akan bekerjasama dengan Pakistan dan negara lain untuk bisa keluar dari sana.”

Pernyataan Trump yang tidak masuk di akal itu tentu saja diprotes Pemerintah dan rakyat Afghanistan. Protes keras muncul di jalan-jalan ibukota Afghanistan, Kabul.

Kantor Presiden Afghanistan menyebut bahwa “Mempertimbangkan hubungan kompleks Afghanistan-AS, Pemerintah Afghanistan minta klarifikasi dan penjelasan terkait pernyataan Presiden AS dalam pertemuan dengan PM Pakistan.”

Amerika Serikat sendiri sudah kehilangan lebih dari 2.000 prajuritnya dalam perang di Afghanistan yang dimulai sejak tahun 2001. Tanpa arah yang jelas dan musuh yang mudah berpindah dan tak memiliki struktur ajek, Amerika Serikat tak memiliki definisi yang jelas akan kemenangan dan saat ini berupaya mengundurkan diri dari negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Top