You are here
Home > Video > TNI AU > Bangladesh Pintar Beli Murah 5 C-130J Inggris, TNI AU Keduluan!

Bangladesh Pintar Beli Murah 5 C-130J Inggris, TNI AU Keduluan!

Bangladesh kini tampil sebagai Negara pembeli armada C-130J-10 Super Hercules bekas pakai Angkatan Udara Inggris dalam jumlah terbanyak. Inggris hendak menjual 10 unit C-130J-10 (C-130J C-5) varian badan pendek, dan Bangladesh mengambil 5 sementara Bahrain 2, plus AL AS 1 unit.

Dan jika menyigi harga kontrak Bahrain untuk 2 C-130J-10 itu senilai 30 juta Poundsterling atau sekira 37 juta Dolar AS per unitnya, jelas harga pembelian ini sangat murah sekali, untuk pesawat yang sudah diregenerasi ulang di Marshall Aerospace. Anggap saja Bangladesh menebus dengan harga serupa.

Baca juga: TNI AU Ucap Selamat Tinggal Pada Malaysia Soal Perawatan C-130

Sebagai gambaran pula, 1 unit C-130J C-5 itu dibeli oleh Angkatan Laut AS, juga dengan harga 30 juta Dolar AS. Padahal harga C-130J baru dari perusahaan Lockheed Martin, mengacu kepada situs Wikipedia.org, dimulai dari banderol 100 juta Dolar.

Harga tersebut sudah termasuk servis ulang oleh Marshall yang merupakan vendor berlisensi, termasuk modifikasi C-130J C-5 menjadi sejumlah fungsi seperti ambulan udara, kargo, dan transport, serta upgrade avionik.

Baca juga:  C-130J Pertama Bangladesh

Di sisi lain, TNI AU yang baru saja memekarkan organisasi dan membentuk skadron udara 33 di Lanud Hasanuddin untuk mencover Indonesia Timur, sama sekali belum ketambahan aset udara baru dalam bentuk pesawat angkut berat. Rencana pembelian C-130J pun belum keluar DSCAnya dari Departemen Luar Negeri AS.

Andai saja di tahun 2017 itu Pemerintah Indonesia cukup cermat dan mengambil langkah seperti atau mendahului Bangladesh, setidaknya 5 unit C-130J C-5 itu sudah akan tiba di tanah air, yang secara signifikan akan menambah kemampuan TNI AU sebagai jembatan udara dan mendukung pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Top