You are here
Home > Geopolitik > Kapal Selam ‘Baru’ Kim Jong Un Adalah Wahana Misi Bunuh Diri Kiamat Nuklir?

Kapal Selam ‘Baru’ Kim Jong Un Adalah Wahana Misi Bunuh Diri Kiamat Nuklir?

Sejumlah pertanyaan mengemuka ketika diktator Korea Utara Kim Jong Un menampakkan diri mengunjungi galangan kapal Sinpo untuk melihat-lihat kapal selam kelas Romeo yang nampaknya dimodifikasi untuk membawa rudal balistik nuklir.

Perkaranya, kapal selam kelas Romeo sendiri, seperti analisis HI Sutton/ Covert Shores, adalah kapal selam dengan teknologi 1950an. Tidak ada harapan bagi kapal selam Romeo untuk bisa menembus pertahanan Negara seperti Jepang atau Korea Selatan, menembakkan rudalnya, dan kemudian kembali ke wilayah kawan.

Baca juga: Romeo Class Mod Korut Baru, Senjata Baru Kim Jong Un

Dengan teknologi lawas, kapal selam seperti Romeo dapat dengan mudah dideteksi sonar, lihat saja sambungan antar pelatnya yang tak lagi rapat. Aset permukaan, bawah air, dan udara AL Jepang dan Korsel takkan kesulitan memburu kapal selam Korea Utara.

Kim Jong Un Beri arahan di depan Romeo Class Mod

Hal ini Cuma berarti satu hal, kapal selam Romeo Mod itu disiapkan untuk satu misi final yaitu misi bunuh diri, pergi dan tak kembali, melaksanakan perintah Pemimpin Besar Korea Utara.

Menurut Bryan Clark, analis senior di Center for Strategic Budgetary Assesment dan mantan awak kapal selam pada Business Insider, Clark mengatakan bahwa kapal selam ini akan pergi sejauh mungkin dari daratan, mendekati perbatasan laut, untuk menambah jarak rudal balistik yang bisa ditembakkan menjangkau daratan Korsel atau Jepang.

Tembakan rudal balistik sudah jelas merupakan pernyataan perang, dan mungkin serangan penuh keputusasaan. Namun ini juga sekaligus jaminan: kalau rezim despot Korut diakhiri paksa, maka dunia juga harus terseret bersamanya.


Tinggalkan Balasan

Top