You are here
Home > Berita > Heli Serang ATAK 2 Dipamerkan Untuk Malaysia, Sudah Bisa Dipesan?

Heli Serang ATAK 2 Dipamerkan Untuk Malaysia, Sudah Bisa Dipesan?

Perusahaan TAI (Turkish Aerospace Industries) diketahui tengah mengembangkan varian kedua dari heli serang T129 ATAK yang diberi kode T130 ATAK 2. Belum banyak informasi yang diketahui dari program ini, namun yang jelas heli ini akan semakin lokal komponennya.

Proyek T130 ATAK bertujuan untuk merancang dan menghasilkan helikopter serang yang efektif dan canggih dengan kemampuan manuver dan kinerja tinggi yang mampu membawa muatan senjata besar, tahan terhadap faktor lingkungan yang menantang dan dilengkapi dengan pelacakan sasaran dan pencitraan target teknologi canggih, elektronik peperangan, navigasi, komunikasi dan sistem senjata.

TAI mengatakan bahwa ATAK 2 akan menjadi kombinasi dari program T129 dan T625, dengan memanfaatkan subsistem seperti transmisi, sistem rotor, dan sistem roda pendarat untuk T625 sehingga biayanya lebih murah.

Yuk baca juga: Program Heli T129 ATAK Turki Terancam embargo

Nah, yang menarik, ternyata dalam kunjungan delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Dr. Mahathir Mohamad, T130 ATAK 2 ikut dipamerkan juga. Dilabur warna hitam legam, kehadiran T130 ATAK jelas sangat kentara.

Sejumlah perubahan bentuk bisa dilihat, seperti bagian depan yang kini lebih rapi tanpa tonjolan bola elektro optic, serta cowling mesin yang juga lebih stealthy, menandakan bahwa TAI berupaya keras menurunkan pantulan radarnya.

Nah, ternyata ATAK 2 tersebut masih sebatas mock up yang belum bisa dipesan, penerbangan perdananya pun belum. Namun begitu, representasinya cukup meyakinkan dalam skala 1:1. Apakah Malaysia akan ikut Filipina untuk membeli T129 ATAK?

Tinggalkan Balasan

Top