You are here
Home > Berita > Rusia Tepati Janji, Su-30MKM Malaysia Siap Tempur Kembali

Rusia Tepati Janji, Su-30MKM Malaysia Siap Tempur Kembali

Pada bulan Agustus 2018, sempat menyeruak kabar bahwa kesiapan jet tempur Sukhoi Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia mengalami masalah kesiapan yang cukup pelik.

Menteri Pertahanan Malaysia Mat Sabu bahkan sempat mengatakan kesiapan Su-30MKM hanya 4 saja yang bisa terbang dari 18 yang dimiliki.

Sempat terjadi adu argument di media antara pihak Malaysia dan Rusia, namun akhirnya semua berakhir ketika Presiden Rusia Vladimir Putin datang berkunjung dan menemui Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohammad.

Baca juga: Saat Su-30MKM Menyusu ke A-400M

Dalam kunjungan itu, Rusia berjanji akan mempermudah kontrak perawatan jet-jet tempur Su-30MKM sehingga Malaysia tak perlu menghubungi banyak perusahaan lagi.

Dan kemunculan jet-jet tempur Su-30MKM dalam latihan penembakan tahunan di Kota Belud di akhir Juli ini nampaknya merupakan pemenuhan atas janji dari Presiden Putin kepada Malaysia. Bagaimana tidak, 6 jet tempur Su-30MKM terbang sekaligus, seakan berkata “kami sudah kembali.”

Nampaknya tak akan butuh waktu lama sampai kita akan melihat Su-30MKM dalam jumlah besar melintas di langit negeri jiran. Kita tunggu saja saat HUT Kemerdekaan Malaysia!

Tinggalkan Balasan

Top