You are here
Home > Berita > Thailand, Negara #1 Di Dunia Diijinkan Beli Panser 8×8 Stryker

Thailand, Negara #1 Di Dunia Diijinkan Beli Panser 8×8 Stryker

Pada hari Jumat, 27 Juli 2019 DSCA (US Defense Security Cooperation Agency) mengumumkan dalam websitenya bahwa Departemen Luar Negeri AS secara resmi telah mengabulkan permintaan Thailand untuk memesan 60 unit panser 8×8 Stryker ICV (Infantry Carrier Vehicle).

Baca juga: Jos! Roket R-Han 122B Tembus Sertifikasi Kementerian Pertahanan RI, Siap Diproduksi Untuk TNI

Pengumuman ini menjadikan Thailand sebagai negara pertama di dunia di luar AS yang diperbolehkan membeli panser 8×8 Stryker ICV.

Order pesanan Thailand itu terdiri dari 60 unit Stryker ICV dan 60 pucuk senapan mesin berat M2HB 12,7mm. Order tersebut ditambah dengan suku cadang, sistem pendukung, pelatihan dan dukungan bernilai 175 juta Dolar AS.

Stryker ICV sendiri adalah platform panser yang menjadi inti dari transformasi Angkatan Darat AS dari yang tadinya mengandalkan kendaraan tempur menjadi panser yang lebih ringan untuk berbagai misi.

Baca juga: Panser Pindad Anoa 6×6 Gurun Dikalahkan Terrex 8×8 Singapura Di Arab Saudi

Stryker ICV menyediakan kendaraan angkut pasukan dengan proteksi tinggi, dalam berbagai fungsi, untuk melaksanakan misi mulai dari angkut pasukan, pengintai artileri, sampai dengan misi anti tank.

Pesanan 60 unit M1126 Stryker ini terdiri dari 37 unit yang dibeli bekas, dan 23 unit lainnya diberikan sebagai hibah. Kesatuan yang akan menggunakan M1126 Stryker ini adalah 11th Infantry Division di Chachoengsao.

Tinggalkan Balasan

Top