You are here
Home > Berita > Uji Tembak Rudal Baru Korut, Mirip Iskander Rusia?

Uji Tembak Rudal Baru Korut, Mirip Iskander Rusia?

Korea Utara kembali berulah dengan melakukan uji tembak dua rudal jarak pendek yang disaksikan langsung oleh Diktator Korut Kim Jong Un. Peluncuran itu dilakukan sebagai peringatan atas “Korea Selatan yang haus perang”

Dua rudal jarak pendek yang ditembakkan oleh Korea Utara minggu ini mirip dengan sistem rudal taktis Iskander Rusia berdasarkan karakteristik operasionalnya, kantor berita Yonhap melaporkan pada hari Jumat, merujuk pada Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Baca juga: Erdogan: AS Macam-macam dengan S-400 Kami, Turki Batalkan Pesanan Boeing!

Uji coba rudal balistik yang ditembakkan oleh Pyongyang mirip dengan sistem 9K720 Iskander Rusia (nama pelaporan NATO: SS-26 Stone) dan mampu terbang ke jarak sekitar 600 km, kata kantor berita itu.

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) mengumumkan sebelumnya pada hari Jumat bahwa pemimpin DPRK Kim Jong-un “memandu tembakan demonstrasi kekuatan dari senjata pemandu taktis tipe baru pada hari Kamis.”

Seperti yang dinyatakan Korea Utara, peluncuran rudal itu datang sebagai tanggapan atas rencana Seoul untuk mengerahkan sistem senjata baru dan mengadakan latihan militer di Semenanjung Korea.

Kantor berita Kyodo Jepang melaporkan pada hari Jumat bahwa dua proyektil yang ditembakkan oleh Korea Utara pada hari Kamis adalah tipe yang ditingkatkan dari rudal balistik jarak dekat KN-23, yang telah diuji Pyongyang pada bulan Mei.

Baca juga: Jos! Roket R-Han 122B Tembus Sertifikasi Kementerian Pertahanan RI, Siap Diproduksi Untuk TNI

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan pada hari Kamis bahwa Korea Utara telah meluncurkan dua rudal jarak pendek ke timur yang jatuh ke Laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan percaya bahwa satu rudal terbang sekitar 690 km dan yang lainnya 430 km. Militer Korea Selatan tidak mengesampingkan bahwa salah satu proyektil yang diuji bisa menjadi jenis rudal baru.

Tinggalkan Balasan

Top