You are here
Home > Geopolitik > China Operasionalkan Siluman J-20, Siap Misi Tempur Hadapi Taiwan!

China Operasionalkan Siluman J-20, Siap Misi Tempur Hadapi Taiwan!

SCMP (27/7) memberitakan bahwa PLAAF (People’s Liberation Army Air Force) secara resmi mengeluarkan foto satu jet tempur siluman J-20. Yang menarik, tail number J-20 tersebut sudah bernomor resmi #62001 yang artinya ini merupakan J-20 yang sudah operasional.

J-20 ini operasional di Teater Komando Wilayah Timur yang bertanggungjawab atas misi udara di wilayah Selat Taiwan, termasuk menghadapi ancaman dari Jepang, Taiwan, dan tentu saja Amerika Serikat.

Menurut Collin Koh selaku analis di Rajaratnam School of International Studies, J-20 operasional ini secara pasti akan diarahkan menghadapi Taiwan dan menghadapi aktivitas militer AS di Selat Taiwan yang kerap wira-wiri menggunakan kapal perang melaksanakan FONOP.

J-20 yang sudah kerap dipamerkan dalam beragam pameran internasional di dalam negeri dipastikan akan masuk produksi massal tahun ini. Jika PLAAF mengumumkan operasional J-20, maka ini dipastikan akan menjadi tantangan serius bagi Taiwan yang hanya diperkuat oleh jet-jet tempur F-16 lawas.

Tinggalkan Balasan

Top