You are here
Home > Berita > F-35I Israel Gempur Kamp Iran Di Irak (?)

F-35I Israel Gempur Kamp Iran Di Irak (?)

Pada 19 Juli dan sekali lagi pada 28 Juli, Angkatan Udara Israel melakukan serangan udara ke gudang Iran yang menyimpan senjata dan rudal di Camp Ashraf, timur laut Baghdad, di Irak.

Klaim yang disebar oleh media Arab Saudi Al-Jarida dan Asharq al-Aswat yang berbasis di London adalah bahwa dalam selama serangan pertama, pangkalan itu digempur oleh jet siluman F-35I Adir.

Baca juga: Tambahan 2 F-35I Adir Perkuat Angkatan Udara Israel, Lengkap 1 Skadron

Sedikit atau nyaris tidak adadetail tentang serangan udara telah diungkapkan sejauh ini, dan IDF sudah pasti tak membantah atau mengiyakan. Yang pasti serangan udara menargetkan pangkalan Iran yang letaknya jauh di dalam wilayah udara Irak: sekitar 80 km dari perbatasan Iran.

Dan ini merupakan tanda bahwa Israel telah memperluas cakupan operasi anti-Iran di wilayah tersebut.

Israel sendiri mengklaim dan memberi bukti bahwa Angkatan Udaranya adalah pertama di dunia melakukan misi tempur dengan F-35, namun klaim serangan ke Irak ini juga menimbulkan pertanyaan.

Baca juga: F-35I Adir Ikut Simulasi Tempur di 3 Front Sekaligus

Jarak antara Pangkalan Udara Nevatim, pangkalan F-35I Adir dan Camp Ashraf yang dikatakan diserang lebih dari 1.000 km.

Artinya, pengisian bahan bakar udara mungkin akan diperlukan untuk F-35I, konon dalam “mode siluman”, artinya tanpa tangki bahan bakar eksternal dan senjata disimpan di dalam perutnya (bomb bay), untuk mencapai target mereka dan dengan aman kembali ke rumah.

Tinggalkan Balasan

Top