Di Segala Medan, Tank Tempur Armada Baltik Siap Melibas Lawan!

Wilayah Kaliningrad bergemuruh dengan raungan mesin tank T-72B yang melaju di jalan berlumpur. Target terpasang, dan muncul tiba-tiba. Para kru tank harus dapat menempatkan tiga munisi tepat mengenai sasaran, sambil bergerak. Bum! Tembakan dari kanon 125 mm 2A46M menggema, melalui 700 meter dalam sekejap mata, memastikan sasaran musnah.

T-72B Korps AD ke-11, Armada Baltik

Semua ini adalah bagian dari latihan yang diselenggarakan oleh Korps AD ke-11, Pasukan Pantai Armada Baltik, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. Komandan Armada Baltik, Alexander Nosatov, melaksanakan inspeksi latihan skala besar ini.

Dalam latihan tersebut, kru tank hanya diberikan waktu tiga menit untuk menembakkan munisi dengan tepat sasaran. Munisi yang dipakai adalah munisi aktif, bukan latihan! Sekitar 60 target pop-up dan bergerak dipakai dalam gladi ini. Karena penampakan target yang singkat, kru harus belajar bereaksi dengan cepat, di tengah tantangan jarak ke sasaran yang dapat berjarak 1,700 meter dalam keadaan diam. Kru juga berlatih menggunakan senapan mesin anti-pesawat udara “Utes”, menghadapi sasaran di darat dan yang terbang rendah.

AD Rusia juga menguji konsep kru campuran: tentara kontrak dan tentara wajib militer. Mereka diharapkan sudah mempelajari semua hal yang diperlukan dalam mengefektifkan kemampuan tempur mereka dalam enam bulan pertama.

Video latihan dapat disaksikan di:

Selain latihan penembakan, sekitar 100 kru tank juga melaksanakan kursus penyeberangan basah dengan menggunakan tank yang dilengkapi dengan snorkel. Kru mempelajari bagaimana penggunaan peralatan snorkel guna melampaui rintangan air. Dalam penyelaman, standar operasi digunakan supaya tank terinsulasi dari air yang mengancam menggenangi tank.

T-72B Korps AD ke-11, Armada Baltik dengan snorkel

Kru juga belajar untuk secara cepat meninggalkan kendaraan tempur yang tergenang, dengan sistem sinyal khusus, sehingga dapat memberikan komando bahkan jarak pandang yang buruk.

Pelatihan dilaksanakan di area latihan Sovetsk, kompleks latihan selam baru yang khusus menyelenggarakan kelas pelatihan teknis, kolam renang khusus, dan simulator untuk kru tank berlatih menghadapi keadaan darurat dalam air. Area latihan Sovetsk dibuka pada September 2016 lalu.

Leave a Reply