Gadis ini Menjadi Kapten Pilot Boeing 777 Termuda

Di India dengan sistem patrilinealnya yang ketat, wanita tidak didorong untuk melakukan pencapaian-pencapaian besar dalam hidupnya. Namun begitu, banyak wanita yang berhasil mencapai posisi tinggi. Di politik, Indira Gandhi contohnya.
Dalam dunia penerbangan kini ada Anny Divya, seorang gadis cantik kelahiran Pathankot yang menjadi Kapten Pilot pesawat penumpang berbadan lebar Boeing 777. Sebuah pencapaian yang luar biasa, karena tidak semua orang mendapatkan kepercayaan untuk menerbangkan pesawat berbadan lebar tersebut.


Anny Divya dilahirkan dari keluarga militer, dimana ayahnya adalah seorang perwira Angkatan Darat India. Selepas SMA, ia melanjutkan pendidikan langsung ke sekolah penerbang Indira Gandhi Rashtriya Uran Academy (IGRUA), sebuah sekolah penerbangan sipil di negara bagian Uttar Pradesh.
Keluarganya mendorong Anny Divya terus-menerus untuk mencapai cita-citanya, termasuk membayar biaya sekolahnya walaupun ayahnya bukanlah perwira tinggi. Kebetulan, sang gadis cantik ini ternyata berbakat sehingga ia direkrut oleh maskapai Air India yang dimiliki oleh negara.
Pesawat pertama yang dipegang Anny Divya adalah pesawat jet regional Boeing 737. Karena dianggap berprestasi, Air India mengirim Anny Divya sehingga bisa melanjutkan sekolah di Spanyol dan juga Inggris untuk mengambil lisensi penerbang sipilnya. Di kedua negara ini Divya mengambil lisensi pilot Boeing 737.
Beragam kendala dihadapi sang gadis – tidak hanya stigma gender tetapi juga bahasa. Walaupun generasi muda di India diajarkan bahasa Inggris, tetapi aksesn yang kental seringkali membuat Divya kesulitan mengucapkan lafal yang mudah dimengerti.
Dua tahun kemudian, Divya kembali dikirim ke London untuk mengambil lisensi Boeing 777, salah satu pesawat paling modern dalam jajaran Boeing dan diandalkan untuk penerbangan lintas benua. Dan akhirnya tidak hanya gelar Kapten Pilot pada umurnya yang ke-30, Anny Divya sekaligus menyelesaikan kuliahnya hingga memegang gelar Sarjana Hukum. Mengagumkan bukan?

Leave a Reply