Menggendong Sang Macan

Masih ingat kesulitan ketika Tank Leopard 2A4 TNI-AD musti digeser ke Jawa Timur?. Saat itu, segenap kru Leopard khususnya dari Batalyon Kavaleri 8 harus berkreatif agar bisa memindahkan sang monster dengan lancar dan aman. Saat itu bahkan TNI-AD harus menyewa Truk dan Lowbed komersial dengan biaya yang tidak sedikit, disertai sejuta tantangan. Namun cerita itu kini hanya tinggal kenangan. Pasalnya, saat ini kendaraan pengangkut sang macan telah tiba dan kini para awaknya pun tengah berlatih. Inilah Truk pengangkut dengan merk Iveco dan Lowbed Doll.

 

Saat ini sang pengangkut macan tengah berada di Pusat Pendidikan Kavaleri di Bandung Jawa Barat. Total saat ini sudah datang 8 buah kendaraan. Berbagai uji coba pun telah dilakukan termasuk mengangkut MBT Leopard 2. Tidak ada hambatan berarti. Dalam waktu dekat, Tank Transporter ini akan segera diserah terima kan ke Batalyon Kavaleri 8 Kostrad di Pasuruan Jawa Timur.

Truk Iveco sendiri merupakan kendaraan buatan Italia yang tergabung dalam Grup FIAT. Beberapa waktu lalu, ARC sebenarnya pernah memergoki truk ini di kawasan PT.Pindad Bandung. Truk ini memang didesain untuk pekerjaan berat seperti menghela tank seberat 60an ton.

Sementara lowbed Doll juga merupakan pasangan yang tepat untuk menggendong MBT sekelas Leopard 2. Istimewanya, Lowbed 7 sumbu ini seluruh rodanya mampu bergerak sehingga menjamin kelincahan dengan radius putar yang kecil. Selama ini Lowbed Doll juga telah digunakan berbagai negara untuk mengangkut MBT.

Leave a Reply